Jawa Pos

Padu Padan Bumbu pada Daging

-

SURABAYA – Bulan puasa identik dengan kuliner. Berbagai macam olahan masakan dikreasika­n semenarik mungkin untuk menemani ibadah puasa. Misalnya, yang dilakukan Executive Chef Hotel Grand Darmo Rio Budi Cahyono kemarin (15/5). Chef Rio berbagi resep olahan daging kepada para pengunjung.

Kambing guling menjadi menu utama. Chef Rio mengombina­sikan rasa Timur Tengah dan Indonesia. Campuran itu diperoleh dari bumbu yang digunakan dalam proses memasak kambing. ’’Masakan Timur Tengah terkenal dengan rasanya yang kuat. Tapi, saya kombinasik­an dengan rempah-rempah Indonesia untuk mengimbang­i itu,’’ katanya sambil menunjukka­n proses pembuatann­ya.

Bumbu yang digunakan, antara lain, bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, kunir, dan pekak. Itu bumbu dengan cita rasa khas Indonesia. Selanjutny­a, untuk memperkuat rasa Timur Tengah, chef Rio menambahka­n bubuk kari madras dan pasta tandoori. ’’Ini yang membuat khas,’’ ujarnya.

Setelah bumbu tercampur dengan rata, chef Rio mengukus daging kambing yang sudah dibersihka­n. Dibutuhkan waktu 12 jam untuk mengukus daging kambing bersama bumbu. Itu disesuaika­n dengan karakteris­tik daging kambing yang berserat tinggi. ’’Memang butuh waktu lama. Tapi, nanti bumbunya bisa meresap dengan merata,’’ terang chef Rio. Daging tersebut dapat dikukus di suhu dingin.

Campuran bumbu itu juga dapat digunakan pada ayam. ’’Kalau tidak suka kambing, ayam bisa menjadi alternatif,’’ terangnya. Bedanya, supaya bumbu meresap, daging ayam tidak perlu dikukus dalam waktu lama. Hanya sekitar 30 menit.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? ALTERNATIF: Chef Rio menunjukka­n cara memasak kambing dan ayam guling di Hotel Grand Darmo kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS ALTERNATIF: Chef Rio menunjukka­n cara memasak kambing dan ayam guling di Hotel Grand Darmo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia