Jawa Pos

Siapkan Peserta PPG dengan Pretest

-

SURABAYA – Guru tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK yang sedang menjalani pendidikan profesi guru (PPG) mengikuti pretest

selama empat hari. Mulai Kamis (10/5) hingga Senin (14/5). Pre test

tersebut bertujuan mengetahui kemampuan guru sebelum pelaksanaa­n PPG dalam masa jabatan.

Di Surabaya, pretest diselengga­rakan di tujuh tempat ujian kompetensi (TUK). Yakni, SMAN 15, SMAN 5, SMAN 2, SMAN 10, SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 3. Lokasi TUK peserta ditentukan penyelengg­ara. Secara keseluruha­n, pretest PPG berlangsun­g dengan sistem computer based test (CBT) alias berbasis komputer. Soal-soal ujian diberikan kepada peserta PPG secara online.

Salah satunya, yang terlihat di SMAN 15. Ada 450 orang yang mengikuti pretest. Pelaksanaa­n ujian itu dibagi dalam tiga sesi. Dalam setiap sesi, TUK diisi 30 orang. ’’Ada lima laboratori­um yang digunakan untuk TUK,’’ ungkap Kepala SMAN 15 Johanes Mardijono.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur Cabang Surabaya Sukaryanto menjelaska­n, pretest tersebut diselengga­rakan secara terpusat oleh Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d). Di setiap wilayah, koordinato­r pelaksana ujian menjadi tanggung jawab Dispendik Provinsi Jawa Timur serta Lembaga Pengembang­an, Pembelajar­an, dan Penjaminan Mutu (LP3M).

’’Kami memberikan kuota kepada guru yang memang sudah waktunya ikut PPG ini,’’ jelas Su- karyanto. Pretest PPG bertujuan memberikan kesempatan kepada guru yang belum memiliki sertifikat profesi. Sebelumnya, guru harus mengikuti PLPG untuk mendapatka­n sertifikat profesi. Namun, selanjutny­a, proses tersebut diganti dengan PPG. Itu berkaitan dengan tunjangan yang nanti diperoleh guru. Standar soal pretest ditentukan pusat. ’’Kami berkoordin­asi dengan LP3M sebagai penyelengg­ara di wilayah,’’ tambahnya.

 ?? FOTO: BRIANIKA IRAWATI/ JAWA POS ?? BERBASIS ONLINE: Peserta PPG semangat mengerjaka­n soal pretest di SMAN 15.
FOTO: BRIANIKA IRAWATI/ JAWA POS BERBASIS ONLINE: Peserta PPG semangat mengerjaka­n soal pretest di SMAN 15.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia