Jawa Pos

Bersihkan Sepuluh Masjid di Tiga Desa

-

SIDOARJO – Menjelang Ramadan, Rozaq Alamsyah Putra beserta 14 rekannya mendapat tugas khusus. Yakni, membersihk­an masjid. Kemarin (15/5) mereka membersihk­an Masjid Baitussala­m di Kelurahan Sekardanga­n. Lantai, serambi, kamar mandi, tempat wudu, hingga halaman tak luput dari pembersiha­n.

Selain Masjid Baitussala­m, ada sembilan masjid yang dibersihka­n ratusan siswa SMP IT Insan Kamil. Tersebar di Kelurahan Sekardanga­n, Desa Bligo, dan Desa Gebang. Siswa juga mengunjung­i sejumlah instansi di dekat sekolah. Di antaranya, puskesmas dan balai desa. Mereka membagikan jadwal imsakiyah dan menyosiali­sasikan awal puasa. ”Di puskesmas tadi, malah anak-anak mendapat tip dan trik sehat pada bulan Ramadan dari dokter,” ujar Kepala SMP IT Insan Kamil Ani Qotul Uhbah.

Tak selesai di situ, siswa juga berkelilin­g di sekitar sekolah untuk membagikan peralatan ibadah kepada orang yang kurang mampu. Ada sajadah, sarung, dan mukena. ”Tadi ada yang dikasih ke tukang becak, satpam, macam-macam,” lanjut Ani.

Sehari sebelumnya, ada beragam lomba. Misalnya, bakiak, voli, azan, literasi, kebersihan kelas, dan mading. ”Hari ini (kemarin, Red) puncak acara menyambut Ramadan,” ujar Ani. Kegiatan bersihbers­ih dan sowan ke sejumlah instansi dipilih agar empati siswa lebih tumbuh.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? AGAR BERSIH: Siswa SMP IT Insan Kamil membersihk­an masjid kemarin.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS AGAR BERSIH: Siswa SMP IT Insan Kamil membersihk­an masjid kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia