Jawa Pos

Salmon Bikin Kulit Lebih Cantik

- (ran)

MESKI usianya sudah menginjak kepala 4, kulit Victoria Beckham dan Mariah Carey tetap tampak sehat dan bercahaya. Kuncinya, tentu saja, menjalani perawatan kulit dan satu lagi, diet salmon.

”Salmon merupakan salah satu makanan super untuk kesehatan kulit,” kata dr Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatolog­y Group New York kepada The Huffington Post.

Salmon kaya asam lemak omega-3 yang bisa mencegah kanker dan meredakan rasa sakit saat menstruasi. Omega-3 meredakan peradangan juga menguraika­n kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap terlihat muda, elastis, serta fleksibel.

”Lemak baik dalam jumlah tinggi akan menjadi sumber ’makanan’ kulit sehingga kulit bisa memproduks­i minyak yang sehat itu,” jelas Nazarian. Dengan begitu, kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

Kandungan vitamin D menyelamat­kan kulit dari serangan sinar ultraviole­t serta menstimula­si pertumbuha­n dan perbaikan sel-sel kulit. Vitamin D juga melindungi kulit dari radikal bebas.

Warna pink pada daging salmon berasal dari senyawa kimia astaxanthi­n atau keto-carotenoid yang berfungsi sebagai antioksida­n dan anti-peradangan. Studi yang dilakukan pada 2012 menguak fakta bahwa astaxanthi­n sanggup memperbaik­i tekstur kulit dan menghambat pembentuka­n kerut. ”Salmon agen anti-penuaan yang fantastis,” ujar Nazarian.

Takaran yang pas, kata Nazarian, adalah tiga kali seminggu dengan porsi seukuran telapak tangan. Jika ingin lebih sehat, diet salmon bisa dipadukan dengan buah-buahan seperti blueberry yang baik untuk kesehatan otak atau tomat yang kaya vitamin C.

Menurut penelitian yang dipublikas­ikan United States Department of Agricultur­e, cara mengolah salmon tidak terlalu berpengaru­h terhadap kandungan omega-3. Proses pemanggang­an tidak akan menghilang­kan kadar omega-3. Jadi, dikonsumsi dalam kondisi mentah atau dimasak, salmon sama bergizinya.

 ?? GETTY IMAGES ?? SAMA ENAKNYA: Dimasak atau dikonsumsi mentah, salmon sama enaknya. Padukan dengan tomat dan sayur-sayuran untuk mendapatka­n manfaat ekstra.
GETTY IMAGES SAMA ENAKNYA: Dimasak atau dikonsumsi mentah, salmon sama enaknya. Padukan dengan tomat dan sayur-sayuran untuk mendapatka­n manfaat ekstra.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia