Jawa Pos

”Pasuruan– Probolingg­o 30 Menit”

Tol Pasuruan–Probolingg­o (Paspro) tersambung dengan ruas tol Gempol–Pasuruan di sisi barat dan rencana tol Probolingg­o– Banyuwangi di bagian timur. Waktu pengerjaan diprediksi lebih cepat daripada masa kontrak.

-

PROYEK tol Paspro dengan rencana panjang 45 kilometer mulai digarap 1 Juni 2016. Secara keseluruha­n, konstruksi fisik saat ini sudah mencapai 70 persen. Meliputi pekerjaan seksi I, II, dan III dengan total panjang 31,3 kilometer (lihat grafis). ’’Progres pekerjaan sudah sesuai ekspektasi,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Trans Jawa Paspro

Jalan Tol Dwi Pratikto saat ditemui di Probolingg­o Kamis (3/5).

Dia memastikan, tiga seksi tersebut bakal operasiona­l penuh pada Oktober 2018. Dengan demikian, tol Paspro tidak termasuk daftar rencana operasiona­l tol untuk jalur mudik Lebaran tahun ini. Namun, target tersebut dua bulan lebih cepat daripada masa kontrak yang berakhir Desember 2018. ’’Kami optimistis Oktober sudah tuntas,” tegas Dwi.

Bagaimana dengan seksi IV? Seksi yang tersambung dari Leces ke Kecamatan Maron itu akan dikerjakan pada tahap kedua. Panjang ruas tersebut 13,7 kilometer. Kebutuhan lahannya sekitar 120 hektare.

Menurut Dwi, area itu masih masuk proses penetapan lokasi (penlok) oleh Gubernur Jatim Soekarwo. Diperkirak­an, penlok turun akhir Mei. Kemudian, langsung dilanjutka­n dengan pembebasan lahan. Jika pembebasan lahan lancar, pekerjaan fisik seksi IV tol Paspro akan dilakukan medio September atau Oktober 2018.

Proyek lanjutan ruas Leces–Maron terbilang penting. Sebab, dari titik itulah konstruksi jalan akan terus menyambung ke ruas tol Probolingg­o–Banyuwangi (Probowangi). Titik akhir berada di kawasan Pelabuhan Tanjungwan­gi, Ketapang, Kabupaten Banyuwangi.

Jawa Pos memantau lokasi proyek di interchang­e Leces pada Kamis (3/5) dan Minggu (6/5). Pekerjaan terus dikebut. Puluhan truk sarat muatan lalu lalang mengangkut material. Bentuk konstruksi jalan simpang susun sudah mulai terlihat meski belum sempurna. Sebab, konstruksi di beberapa titik belum tersambung.

Berdasar rencana konstruksi, interchang­e tol Paspro berada di empat titik. Selain Leces, simpang susun berada di Tongas, Sumberasih (Probolingg­o Barat), dan Kecamatan Gending. Konstruksi tol Paspro akan berakhir di wilayah Kecamatan Maron.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Paspro Kementeria­n PUPR Agus Minarno mengklaim, progres tol Paspro seksi I–III terbilang cepat. Dalam waktu kurang dua tahun, pekerjaan fisik sudah mencapai 70 persen. ’’Ini karena proses pembebasan lahan juga cepat,” ucap Agus.

Dia menjelaska­n, dari 285 hektare lahan atau 3.000 bidang tanah, pembebasan sudah 98 persen. Sisanya berupa tanah kas desa (TKD).

Agus mengakui, operasiona­l tol Paspro awalnya ditargetka­n akhir Mei. Namun, kendala pekerjaan di lapangan membuat operasiona­l meleset. Salah satu pemicunya adalah pekerjaan jembatan yang belum tuntas. Dari 33 jembatan yang dikerjakan, baru 15 titik yang tuntas.

Kehadiran jalan tol Pasuruan–Probolingg­o (Paspro) akan memperpend­ek waktu tempuh dua kota tersebut. ”Kalau tol (Paspro, Red) jadi, waktu tempuh bisa 30 menit,” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII I Ketut Darmawahan­a. (mar/c10/fal)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? Soekarwo
HANUNG HAMBARA/JAWA POS Soekarwo
 ?? GALIH/COKRO/JAWA POS ?? ARAH BANYUWANGI: Foto dari udara interchang­e tol Leces (ujung kanan) yang masih terhambat pembanguna­nnya karena terkendala pembebasan lahan. Foto diambil pada 3 Mei 2018.
GALIH/COKRO/JAWA POS ARAH BANYUWANGI: Foto dari udara interchang­e tol Leces (ujung kanan) yang masih terhambat pembanguna­nnya karena terkendala pembebasan lahan. Foto diambil pada 3 Mei 2018.
 ?? SUMBER: BBPJN VIII ?? TANPA MEDIAN: Lalu lintas di jalan nasional Probolingg­o– Pasuruan pada 6 Mei 2018. Kondisi jalan yang bagus menggoda pengendara untuk memacu kendaraan lebih kencang.
SUMBER: BBPJN VIII TANPA MEDIAN: Lalu lintas di jalan nasional Probolingg­o– Pasuruan pada 6 Mei 2018. Kondisi jalan yang bagus menggoda pengendara untuk memacu kendaraan lebih kencang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia