Jawa Pos

Sudirman Janji Naikkan Kesejahter­aan GTT/PTT

-

KEBUMEN – Cagub Jawa Tengah (Jateng) Sudirman Said merasa miris dengan rendahnya honorarium guru tidak tetap/pegawai tidak tetap (GTT/PTT). Dengan 25 hari kerja, mereka dibayar Rp 50 ribu per bulan atau Rp 2 ribu per hari. Karena itu, jika terpilih sebagai gubernur Jateng, dia berjanji memperbaik­i tingkat kesejahter­aan GTT/PTT.

’’Dengan pendapatan itu, mereka masuk kategori miskin absolut alias sangat miskin. Standar orang disebut miskin itu mereka yang berpendapa­tan Rp 10 ribu per hari. Kalau hanya Rp 2 ribu per hari, sudah miskin absolut,’’ ujarnya saat berdialog dengan GTT/PTT di Kebumen.

Menurut Sudirman, terlalu berisiko menyerahka­n masa depan anak-anak Jateng di bawah bimbingan guru yang dibayar jauh di bawah standar kelayakan. ’’Ini harus diperbaiki. Kita tidak bisa mempertaru­hkan masa depan anak-anak Jateng,’’ tuturnya.

Cagub yang diusung koalisi Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB tersebut melanjutka­n, APBD Jateng cukup untuk membayar GTT/PTT secara layak. Eksekutif tinggal berdiskusi dengan DPRD dan pimpinan partai agar menyetujui anggaran untuk perbaikan upah GTT/PTT.

’’Kalau perlu, saya ndlosor ke para pimpinan partai untuk meminta tolong supaya menyetujui anggaran perbaikan kesejahter­aan GTT/PTT ini,’’ ucapnya.

Cagub yang berpasanga­n dengan Ida Fauziyah itu menuturkan, pihaknya akan berfokus pada pembanguna­n manusia ketimbang infrastruk­tur. Sudirman tidak menampik bahwa pembanguna­n infrastruk­tur keras seperti jalan, jembatan, dan gedung amat penting. Namun, membangun infrastruk­tur lunak seperti meningkatk­an kemampuan sumber daya manusia jauh lebih penting.

 ?? TIM KAMPANYE SUDIRMAN SAID FOR JAWA POS. ?? BAHAS KESEJAHTER­AAN: Cagub Jateng Sudirman Said (kanan) berdialog dengan para GTT/PTT di Kebumen.
TIM KAMPANYE SUDIRMAN SAID FOR JAWA POS. BAHAS KESEJAHTER­AAN: Cagub Jateng Sudirman Said (kanan) berdialog dengan para GTT/PTT di Kebumen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia