Jawa Pos

Taman Kering Low-maintenanc­e

-

HUNIAN dengan lahan sempit bukan halangan untuk menghadirk­an taman. Dengan konsep taman kering, rumah tanpa halaman bisa berkreasi dengan tanaman. ’’Taman kering lebih menonjolka­n unsur hardscape atau non tanaman. Misalnya, batu, kerikil, dan kayu,’’ ungkap arsitek lanskap Anddys Firstanty.

Dia menjelaska­n, tidak ada ketentuan luas ruangan untuk menggarap taman kering. ’’Selama ada sirkulasi udara dan cahaya, semua tempat bisa. Mulai di dalam ruang, teras, hingga area terbuka di tengah rumah,’’ kata Anddys.

Alumnus Hochschule Anhalt, Jerman, itu menyebut bahwa jenis tanaman yang cocok untuk taman kering adalah tipe tanaman yang menyukai lokasi teduh, bahkan tahan tanpa paparan matahari. Range-nya mulai sukulen, kaktus, tanaman paku, hingga jenis palem-paleman. Kalau ada area terbuka, bisa ditanam pohon. Jenis-jenis tanaman tersebut, menurut dia, terbilang low-maintenanc­e. Sebab, hampir semua tahan kering. Penyiraman pun bisa dilakukan satu–dua kali seminggu, bergantung cuaca.

Zwasty Paskahlia Ramma menuturkan, konsep taman kering relatif bersih. ’’Sebab, unsur dominannya adalah perkerasan. Kalau ingin menanam, biasanya media tanam ditutup batuan,’’ ujarnya. Tujuannya, meminimalk­an debu atau kotor.

Untuk media tanam, dia menyatakan bahwa media yang digunakan relatif sama seperti bertanam biasa. Yakni, campuran tanah, pasir, dan kompos. Jika tanaman digantung, media dapat diganti dengan sabut kelapa atau campuran media yang dibungkus menyerupai bola.

’’Kalau lahan yang diolah jadi taman kering cukup luas, media bisa ditutup dulu dengan geotekstil sebelum ditutup kerikil,’’ tutur lulusan Institut Pertanian Bogor tersebut. Lapisan kain khusus itu mencegah tanah berhambura­n saat terinjak, tetapi tetap mengalirka­n air hujan ke dalam tanah. Geotekstil bisa diganti paranet atau bahan berupa jaring halus.

 ?? FOTO-FOTO: ANDDYS GREEN ARCHITECTU­RE FOR JAWA POS ?? OUTDOOR: Taman kering memadukan nanas-nanasan dan palem.
FOTO-FOTO: ANDDYS GREEN ARCHITECTU­RE FOR JAWA POS OUTDOOR: Taman kering memadukan nanas-nanasan dan palem.
 ??  ?? UBAH FUNGSI: Akuarium berubah fungsi menjadi media tanam untuk sukulen. Sirih gading termasuk tanaman yang cukup tahan kondisi kering.
UBAH FUNGSI: Akuarium berubah fungsi menjadi media tanam untuk sukulen. Sirih gading termasuk tanaman yang cukup tahan kondisi kering.
 ??  ?? DIPIGURA: Tanaman keladi hias dibingkai bersama paku simbar menjangan.
DIPIGURA: Tanaman keladi hias dibingkai bersama paku simbar menjangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia