Jawa Pos

The Reds Tebar Psywar ke Spanyol

-

MARBELLA – Menjelang final Liga Champions (27/5), Liverpool memiliki keuntungan daripada Real Madrid dari segi jadwal. Ya, The Reds sudah tidak lagi memiliki agenda selain pertanding­an di Olimpiyski­y Stadium, Kiev, tersebut. Beda dengan Real yang masih menghadapi Villarreal di jornada pemungkas La Liga akhir pekan nanti (20/5).

Hal itulah yang membuat Liverpool memiliki waktu luang untuk menggeber pemusatan latihan di Marbella Football Center, Spanyol. Semua pemain diberangka­tkan dan melakoni pemusatan latihan selama empat hari ke depan. Cuaca hangat menjadi faktor utama tim asuhan Juergen Klopp tersebut singgah dan berlatih di sana.

Pemusatan latihan di Marbella bukan kali pertama dilakukan Liverpool di era Klopp. Pertengaha­n Februari lalu, Jordan Henderson dkk datang ke kota di provinsi Malaga tersebut. Hal yang sama dilakukan Klopp dan tim asuhannya pada Februari tahun lalu.

Setelah empat hari di Marbella, Liverpool kembali ke Melwood sebelum terbang ke Kiev pada H-3 final. ”Kami membutuhka­n atmosfer tim yang tetap kompetitif setelah pertanding­an melawan Brighton (dalam matchweek pemungkas Premier League 2017–2018 pada Minggu lalu, 13/5, Red),” kata Hendo – sapaan akrab Henderson – sebagaiman­a dikutip Liverpool Echo. Setelah laga melawan Brighton yang dimenangi 4-0 tersebut, Klopp juga meliburkan Hendo dkk selama dua hari.

Emre Can, gelandang Liverpool yang masih cedera dan dipastikan membela Juventus musim depan juga disertakan dalam pemusatan latihan. Bergabungn­ya Can dalam rombongan ke Marbella memperbesa­r kans bagi pemain 24 tahun Jerman itu untuk berlaga di final. Juga sebagai momen perpisahan dengan Liverpool setelah empat musim menjadi bagian The Reds. “Dia (Can) membutuhka­n persetujua­n tim medis untuk bisa berlatih. Tapi, kami optimistis dia bisa melakukann­ya dalam pekan ini,” jelas Klopp seperti dikutip This Is Anfield.

Bukan hanya Can, James Milner yang absen saat melawan Brighton karena cedera otot menunjukka­n progres positif. Milner menjadi elemen penting di lini tengah Liverpool sejak awal tahun ini. Wakil kapten Liverpool itu sekaligus menjadi pemilik assist terbanyak di Liga Champions musim ini (9 assist).

Di sisi lain, kedatangan Liverpool ke Spanyol dianggap sebagai upaya mengusik fokus Real. Juga menebar psywar pada Los Merengues bahwa The Reds tidak takut dengan juara dua edisi terakhir Liga Champions.

Beruntung, ada kabar bagus untuk tim asuhan Zinedine Zidane tersebut. Cristiano Ronaldo dan Dani Carvajal yang sempat cedera sudah bergabung dalam sesi latihan dengan instensita­s tinggi. Keduanya sangat mungkin diturunkan melawan Villarreal sebagai pemanasan sebelum final dan bukan malah memarkirny­a karena takut lelah.

 ?? LIVERPOOL ECHO ?? COCOK: Juergen Klopp memimpin sesi latihan Liverpool di Marbella Football Center pada Februari lalu. Liverpool kini kembali ke sana untuk persiapan final Liga Champions.
LIVERPOOL ECHO COCOK: Juergen Klopp memimpin sesi latihan Liverpool di Marbella Football Center pada Februari lalu. Liverpool kini kembali ke sana untuk persiapan final Liga Champions.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia