Jawa Pos

Terelimina­si karena Moyes

-

JOE Hart selalu menjadi pilihan utama Inggris di tiga turnamen akbar terakhir. Yakni, sejak Euro 2012, Piala Dunia 2014, sampai Euro 2016. Namun, di Piala Dunia bulan depan, Hart tidak hanya kehilangan posisi sebagai kiper utama. Kiper 31 tahun itu bahkan harus rela menyaksika­n rekan-rekannya berlaga di Rusia lewat layar kaca. Sebab, namanya tidak masuk skuad sementara The Three Lions, julukan timnas Inggris. Hart jelas kecewa. Dia menuding David Moyes sebagai biang kegagalann­ya berlaga di Piala Dunia. Sebab, manajer West Ham United itu hanya memberikan kesempatan kepada Hart untuk bermain lima kali dalam enam bulan terakhir. Bahkan, pemilik 75 caps di timnas Inggris itu tidak pernah dimainkan dalam tiga laga terakhir.

Gareth Southgate selaku arsitek timnas Inggris memang baru mengumumka­n skuad sementara tadi malam. Namun, jika Hart terdepak, sejumlah pengamat menilai Southgate telah membuat keputusan yang tepat.

’’Kalau pelatih berpikir untuk memanggil Hart, dia pasti memanggiln­ya. Namun, melihat performany­a saat ini, Hart memang tidak layak berada di sana (Rusia),’’ kata Rio Ferdinand, mantan bek timnas Inggris dan Manchester United kepada Mirror.

Lalu, siapa yang bakal menjadi kiper utama? Southgate belum memutuskan. Namun, sejumlah kiper muda telah disiapkan. Yakni, kiper Everton Jordan Pickford, 24, dan Nick Pope (Burnley) yang berstatus debutan. Ferdinand pun menyambut positif keputusan tersebut. Terutama keberanian memanggil Pope sebagai debutan.

’’Piala Dunia 1998 adalah Piala Dunia pertamaku. Saya juga tidak mendapat kesempatan bermain semenit pun. Tapi, itu pelajaran yang sangat penting buatku,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia