Jawa Pos

Juanda Siagakan Kendaraan Tempur

-

SURABAYA – Angkasa Pura (AP) I Juanda menempuh langkah pencegahan terhadap teror bom. Salah satunya manajemen pengelola bandara itu meningkatk­an pengamanan bersama Korps Marinir.

Penanggung jawab keamanan bandara dari Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) Pangkalan Udara TNI-AL (Lanudal) Juanda berkolabor­asi dengan Pasukan Marinir (Pasmar)-2 Gedangan. ”Dari data intelijen, kami diminta mengantisi­pasi dari setiap situasi yang tidak diinginkan,” ujar General Manager AP I Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo kemarin (16/5).

Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI Endi Supardi mendukung pengamanan Bandara Juanda sebagai salah satu objek vital negara. ”Pasukan saya langsung tergerak mengamanka­n Juanda, lengkap dengan rupanpur (regu pandu tempur) dan pasukan khusus taifib (intai amfibi),” tutur Endi.

Sementara itu, badan penanggula­ngan bencana dan perlindung­an masyarakat (BPB linmas) dikerahkan di seluruh kantor pemerintah untuk mengamanka­n situasi. Siapa saja yang masuk ke kantor pemerintah bakal diperiksa dengan metal detector. Masalahnya, pemkot masih kekurangan alat pendeteksi logam itu.

Alat itu sudah dipakai di balai kota, mal perizinan Siola, dan kantor kecamatan. Barang bawaan pengunjung diperiksa dan digeledah. Sementara itu, 151 kantor kelurahan belum terjaga. ”Kami pakai metal detector genggam. Beli 150 lagi dari Jakarta,” jelas Kepala BPB Linmas Surabaya Eddy Cristijant­o kemarin (16/5).

Pembelian alat itu sangat mendesak. Sebab, aksi teror tersebut tidak hanya menyasar tempat ibadah. Kantor polisi juga diserang karena dianggap sebagai musuh teroris. Tidak tertutup kemungkina­n aksi teror itu juga menyasar kantor pemerintah.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? AMANKAN BANDARA: Petugas TNI berpatroli di landasan Bandara Juanda kemarin (16/5).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS AMANKAN BANDARA: Petugas TNI berpatroli di landasan Bandara Juanda kemarin (16/5).
 ?? SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS ?? ANTISIPASI: Petugas BPB linmas memeriksa barang bawaan saat masuk Siola.
SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS ANTISIPASI: Petugas BPB linmas memeriksa barang bawaan saat masuk Siola.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia