Jawa Pos

PDAM Buka Rekrutmen Dirkeu

-

SURABAYA – Lowongan Direktur Keuangan (Dirkeu) PDAM Surya Sembada kembali dibuka untuk kali kedua. Hasil rekrutmen sebelumnya ditolak Wali Kota Tri Rismaharin­i karena belum sesuai harapan.

Anggota Komisi B DPRD Surabaya Baktiono menyatakan, rekrutmen Dirkeu seharusnya tidak serumit rekrutmen Dirut. Namun, badan pengawas yang merekrut butuh kejelian agar posisi itu tidak diisi pejabat yang berpotensi korupsi. ’’Memang cari yang jujur itu sulit. Tapi, ini harus segera dilakukan,’’ ujar politikus PDIP tersebut.

Posisi Dirkeu kini dijabat sekaligus oleh Dirut PDAM Mujiaman Sukirno. Baktiono menilai Mujiaman memegang wewenang yang terlalu besar. Dia tidak ingin kasus yang menimpa PD Pasar Surya (PDPS) kembali ke PDAM. Mantan Dirut PDPS Bambang Parikesit jadi tersangka kasus korupsi.

Dia mewanti-wanti bawas agar tidak gagal lagi. Menurut dia, calon yang ditolak wali kota bukan karena nilainya buruk. Melainkan hasil track record calon yang disodorkan masih meragukan. ’’Dilihat kinerjanya di perusahaan sebelumnya bagaimana? Kenapa dia keluar sampai tetanggany­a ditanya keseharian­nya seperti apa,’’ tambah Baktiono.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas PDAM Hermien Rosita menyebutka­n bahwa sudah ada enam pendaftar. Pendaftara­n ditutup pada 25 Mei. ’’Tapi, enam ini belum kami pastikan lolos seleksi administra­tif,’’ jelas mantan sekretaris Bawas PDAM itu.

Dia mengatakan bakal lebih jeli dalam seleksi administra­si. Tujuannya, hasil tes yang disodorkan ke wali kota nanti tidak ditolak lagi. Dia sepaham dengan Baktiono bahwa rekam jejak calon direktur keuangan nanti menjadi penilaian utama wali kota.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KEJAR TARGET: Yuli Rahmawati, pegawai Kecamatan Rungkut, mencetak e-KTP untuk warga Surabaya.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KEJAR TARGET: Yuli Rahmawati, pegawai Kecamatan Rungkut, mencetak e-KTP untuk warga Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia