Jawa Pos

Perbaikan Enam Ruas Jalan Dianggarka­n Lagi

-

GRESIK – Sejumlah ruas jalan kembali dianggarka­n untuk pekerjaan tahun ini. Nilai dananya mencapai Rp 32,5 miliar. Enam jalan kabupaten tersebut direncanak­an dikerjakan tahun ini.

’’Ini adalah proyek lanjutan dari tahun lalu,’’ kata Wakil Ketua DPRD Gresik M. Syafi’ AM kemarin. Hal itu diputuskan dalam rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemkab Gresik. Selain Jalan Harun Thohir, ada ruas Jalan Sekapuk– Ujungpangk­ah dengan total anggaran Rp 12 miliar dan dua lainnya di wilayah utara. Adapun ruas Yosowilang­un– Suci dialihkan ke Jalan KH Syafi’i, Manyar.

Syafi’ menyatakan, akses tersebut harus dituntaska­n tahun ini agar pemerintah tidak terbebani dengan pekerjan tahun berikutnya. Sebelumnya, pemkab dengan diwakili Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik memberikan tanda bintang pada sejumlah infrastruk­tur jalan 2018. Artinya, kecil kemungkina­n dilaksanak­an. Padahal, anggaranny­a sudah disiapkan. Rencananya, anggaranny­a dialihkan ke lokasi proyek yang lain.

Kepala Bappeda Tugas Husni Syarwanto menyampaik­an, anggaran itu semestinya dikembalik­an. Sebab, anggaran sudah disiapkan di APBD 2018. Dia optimistis sejumlah ruas jalan tersebut bisa dikerjakan tahun ini. Alasannya, pendapatan tahun ini cukup seimbang. ’’Mudah-mudahan pendapatan bisa sesuai target,’’ katanya.

Wakil rakyat mengimbau pemkab agar proyek pekerjaan fisik tidak sampai molor. Organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai pengguna anggaran pun harus mempercepa­t proses lelang. Dengan begitu, pekerjaan fisik bisa segera berjalan. ’’Terutama infrastruk­tur jalan. Sampai sekarang belum ada pekerjaan fisik,’’ ungkap anggota Komisi III DPRD Gresik Abdul Qodir.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? LEWATI JAM MALAM: Kasi Trantib Kebomas Fulwadi (kanan) memeriksa identitas penjaga warung di Jalan Tridharma pada Selasa malam (15/5).
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS LEWATI JAM MALAM: Kasi Trantib Kebomas Fulwadi (kanan) memeriksa identitas penjaga warung di Jalan Tridharma pada Selasa malam (15/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia