Jawa Pos

Perketat Penjagaan Pelabuhan

-

SURABAYA – Penjagaan Pelabuhan Tanjung Perak terus ditingkatk­an setelah adanya laporan tentang benda mencurigak­an dua hari lalu. Kemarin (16/5) belasan tenaga keamanan dikerahkan untuk menjaga gerbang masuk terminal penumpang. Mereka memeriksa kendaraan dan barang bawaan penumpang secara detail. Prosedur tersebut bakal dipertahan­kan sampai pihak kepolisian menyampaik­an situasi sudah kondusif.

Memang pemeriksaa­n yang dilakukan pihak keamanan lebih me- nyeluruh daripada biasanya. Mereka membuka semua pintu dan memeriksa koper serta kardus-kardus yang dibawa. Tidak ketinggala­n, reflektor untuk memeriksa bagian bawah kendaraan. ”Prosedur pemeriksaa­nnya memang baru kami tambahkan. Sama seperti yang biasa dilakukan di hotel-hotel,” ujar Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak Daddy Sumartono kemarin (16/5).

Menurut dia, hal tersebut merupakan arahan dari kepolisian sejak insiden pada Senin (14/5). Sore pihaknya menemukan ada tiga koper yang ditinggal di kawasan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Akhirnya, terjadi drama menegangka­n sampai tim gegana datang dan mengamanka­n benda mencurigak­an tersebut. ”Setelah diperiksa, ternyata memang isinya hanya pakaian. Jadi, kami tetap beraktivit­as seperti semula,” jelasnya.

Meski ketakutan tidak terbukti, Daddy mengaku bahwa Pelindo III tidak mau lengah. Karena itulah, pihaknya telah memperketa­t penjagaan di wilayah luar. Sebab, wilayah dalam terminal sudah dilengkapi pemindai X-ray untuk barang bawaan dan metal detector untuk penumpang.

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto mengimbau pemangku kepentinga­n di wilayah pelabuhan untuk ikut meningkatk­an pengamanan. Sebab, pelabuhan merupakan objek vital untuk aktivitas ekonomi. ”Jangan sampai aktivitas di pelabuhan lumpuh. Karena itu, kami minta semua tingkatkan keamanan,” ujarnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? TAK MAU KECOLONGAN: Petugas memeriksa dengan detail setiap kendaraan yang masuk pelabuhan.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS TAK MAU KECOLONGAN: Petugas memeriksa dengan detail setiap kendaraan yang masuk pelabuhan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia