Jawa Pos

Bappeda Dukung Angkutan Sekolah

-

SIDOARJO – Setelah gagal tahun ini, Dinas Perhubunga­n (Dishub) Sidoarjo kembali mengusulka­n program angkutan sekolah gratis. Agar terelisasi, dalam waktu dekat, program tersebut akan dipresenta­sikan di depan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

Kepala Dishub Sidoarjo M. Bahrul Amig berharap program angkutan sekolah mendapat persetujua­n. Apalagi, pihaknya sudah menghitung potensi pengguna kendaraan pribadi yang bakal beralih ke angkutan sekolah gratis. Hasilnya sangat tinggi. ’’Sebanyak 8351 siswa,’’ jelasnya. Pada tahap pertama, program itu akan berjalan di lima kecamatan. Yakni, Gedangan, Buduran, Sidoarjo, Candi, dan Tanggulang­in. ’’Setelah berjalan baik, bakal dilanjutka­n di seluruh kecamatan,’’ ucapnya.

Dari data yang dihimpun dishub, mayoritas siswa mengendara­i sepeda motor ketika berangkat sekolah. Persentase­nya mencapai 56,01 persen. Disusul angkutan umum yang jumlahnya hanya 23,11 persen.

Menurut Amig, angkutan sekolah gratis menjadi solusinya. Dengan program tersebut, setiap hari siswa bakal diantar dan dijemput kendaraan. Dishub memberdaya­kan angkutan umum. Cara itu bisa menekan angka kecelakaan pelajar. ’’Siswa tidak perlu kebut-kebutan di jalan. Tinggal duduk nyaman di dalam kendaraan,’’ ungkapnya.

Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono mendukung program tersebut. Menurut dia, angkutan sekolah gratis merupakan bentuk program kepedulian pemkab kepada siswa. ’’Pemkab berupaya memberikan pelayanan agar siswa nyaman ketika bersekolah,’’ jelasnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang dishub. Instansi tersebut diminta memaparkan konsep angkutan sekolah gratis.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BISA TEKAN KECELAKAAN PELAJAR: Siswa duduk dan berdiri di tepi Jalan Raden Patah, Sidoarjo. Dishub berharap angkutan sekolah gratis bisa direalisas­ikan tahun depan.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BISA TEKAN KECELAKAAN PELAJAR: Siswa duduk dan berdiri di tepi Jalan Raden Patah, Sidoarjo. Dishub berharap angkutan sekolah gratis bisa direalisas­ikan tahun depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia