Jawa Pos

5.400 Penduduk Baru Masuk

Tergolong Kategori Pendatang Siap Kerja

-

GRESIK – Kabupaten Gresik masih menjadi primadona para pencari kerja. Selama Januari hingga Mei 2018 ini, tercatat sudah 5.445 pendatang yang masuk Kota Pudak. Tujuan utama tetap mencari nafkah. Nilai UMK jadi magnet utama.

Nilai upah minimum kabupaten (UMK) Gresik 2018 Rp 3.580.370,64. Itu UMK tertinggi kabupaten. Hanya, nilainya lebih rendah daripada

Kota Surabaya,

Rp 3.583.

312,61. Data Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Gresik menuturkan, jumlah penduduk masuk lebih dari 5 ribu jiwa. Adapun penduduk keluar tercatat 3.379 jiwa.

’’Penduduk yang datang dan pindah ini terjadi antarkabup­aten dan antarprovi­nsi,’’ kata Plt Kepala Dispendukc­apil Gresik Hermanto T.H. Sianturi kemarin (24/5).

Sebagian besar pendatang baru di Kota Giri adalah usia produktif. Pada 2017 Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gresik mencatat ada sekitar 4 ribu penganggur. Mereka berusia produktif. Mulai 18 tahun hingga 35 tahun.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Gresik Tri Andhi Supriharto­no mengibarat­kan Gresik sebagai sebuah lampu yang terang benderang. Lampu itu dikerubuti laron. Sebab, Gresik merupakan salah satu penyangga kota metropolis. ”UMK Rp 3,5 juta jadi daya tarik pencari kerja dari kabupaten lain,” ujar Tri Andhi kemarin (24/5).

Mereka berasal dari Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban. Tetapi, para pencari kerja itu tidak bondho nekat. Mereka telah membekali diri dengan keterampil­an. ”Mereka adalah calon naker yang siap kerja,” tegasnya. Di sisi lain, penganggur di Gresik juga banyak. Tetapi, kata Tri Andhi, mereka belum siap kerja. ”Mereka hanya siap

latih,” ungkapnya.

 ?? CNUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? PELUANG KERJA: Proyek pembanguna­n Gress Mal di Jalan Sumatera, Gresik Kota Baru (GKB), menjanjika­n kesempatan kerja bagi para pendatang.
CNUSNUL CAHYADI/JAWA POS PELUANG KERJA: Proyek pembanguna­n Gress Mal di Jalan Sumatera, Gresik Kota Baru (GKB), menjanjika­n kesempatan kerja bagi para pendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia