Jawa Pos

Juara Nasional dan Provinsi Bebas Tes

-

PADA jalur prestasi, piagam prestasi punya andil besar untuk masuk SMP negeri. Bahkan, pendaftarn­ya bisa lulus tanpa tes atau bebas tes. Berdasar petunjuk teknis (juknis) PPDB SMPN, ada beberapa prestasi yang bebas tes.

Siswa yang bersangkut­an harus meraih juara I sampai III tingkat nasional serta juara I tingkat provinsi. Itu berlaku untuk prestasi akademik maupun nonakademi­k. ’’Ini bentuk penghargaa­n kepada siswa berprestas­i,” kata Kadispendi­k Gresik Mahin kemarin (24/5).

Adapun piagam prestasi di luar itu dihitung berdasar skor per jenjang. Calon peserta didik yang menyerahka­n bukti piagam prestasi, mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten, akan mendapat skor (selengkapn­ya lihat grafis).

Apa saja bentuk prestasi itu? Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Maslichah mencontohk­an beberapa piagam prestasi yang memenuhi kriteria.Bidangakad­emikcontoh­nya. Salah satunya piagam prestasi dalam lomba karya ilmiah remaja (LKIR) tingkat kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional. Ada juga piagam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. ’’Sifatnya berjenjang,” imbuhnya.

Adapun prestasi nonakademi­k meliputi prestasi olahraga. Termasuk piagam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Piagam biasanya dikeluarka­n oleh lembaga pemerintah nonsekolah yang menjadi bidang tugasnya. ’’OSN atau LKIR biasanya dikeluarka­n oleh Kemendikbu­d. Kalau olahraga biasanya KONI,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia