Jawa Pos

Nyinyir Guyonan Presiden

-

PUNYA presiden yang kerap melontarka­n joke mungkin mengasyikk­an. Tapi, bagi kalangan tertentu, candaan itu bisa menjadi bahan hoax. Contohnya guyonan presiden saat menjelaska­n kebijakan bebas visa yang sempat dikhawatir­kan mempermuda­h masuknya teroris ke Indonesia.

Candaan presiden itu sebenarnya sudah lawas. Disampaika­n dalam pidato penutupan Rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang Indonesia (Kadin) 2017 di ballroom Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017). Portal Detik.com menjadikan statemen presiden dalam acara tersebut sebagai berita dengan judul ”Canda Jokowi di Kadin: Tak Usah Takut Teroris, kan Mereka dari Kita’’.

Oleh orang-orang yang tak sejalan dengan Jokowi, candaan itu berubah menjadi hasutan. Misalnya yang dilontarka­n akun Facebook Zain Zainuddin di sebuah grup Facebook. ’’Biadap, cebonger tuh ISIS juga ternyata…,’’ tulis akun Zain Zainuddin. Cebonger yang disebut Zain tentu merujuk pada olok-olok untuk pihak pro-Jokowi.

Yang dipermasal­ahkan Zain tentu ada di kalimat ’’Tak Usah Takut Teroris, kan Mereka dari Kita’’. Maksud kalimat itu, presiden meminta masyarakat tak khawatir dengan kebijakan perluasan bebas visa. Menurut Jokowi, kebebasan pembebasan visa Indonesia masih kalah dengan Singapura. Soal kalimat bernada canda tentang teroris, Jokowi merujuk pada peristiwa teror selama ini di Indonesia yang kebanyakan pelakunya adalah warga negara sendiri.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia