Jawa Pos

Inovasi Dorong Pertumbuha­n Properti

-

SIDOARJO – Sepanjang kuartal pertama 2018, Ciputra Group menunjukka­n kinerja positif. Pertumbuha­nnya lebih tinggi hampir 40 persen daripada kuartal pertama 2017. Peluncuran beberapa proyek di grup Ciputra mendorong peningkata­n tersebut.

Managing Director Ciputra Group Subholding II Harun Hajadi mengatakan, pertumbuha­n itu tidak lepas dari inovasi dan kreativita­s yang diusung pada setiap proyek. Tahun ini pihaknya optimistis meraih pertumbuha­n 18 persen. ”Tahun lalu tumbuh 13 persen daripada 2016,” ujarnya saat launching flyover Citra Harmoni kemarin (25/5).

Optimisme tersebut didorong terobosan-terobosan baru. Baik dari jenis produk, harga, maupun promosi. Nilai pertumbuha­nnya diprediksi mencapai Rp 8,5 triliun. Naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 7,45 triliun. ”Pertumbuha­n tertinggi di segmen landed house yang mencapai 90 persen. Sebanyak 10 persennya apartemen,” ungkapnya.

Dia menyebutka­n, lokasi Surabaya dan sekitarnya berkontrib­usi cukup besar. Yakni, mencapai 30 persen. Selebihnya disumbang dari banyak proyek di berbagai daerah. Menurut Harun, pasar Surabaya dan sekitarnya cukup potensial. Meski begitu, pasar properti memang tidak bisa diharapkan selalu booming. Adakalanya biasa-biasa saja atau normal. Karena itu, inovasi sangat diperlukan.

Tahun ini belanja modal (capex) sebesar Rp 2 triliun. Sebagian besar dialokasik­an untuk menyelesai­kan proyekproy­ek yang ada. Hanya 15 persen yang digunakan untuk membeli tanah.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? INFRASTRUK­TUR: Harun Hajadi (kanan) bersama Direktur Senior PT Ciputra Developmen­t Tbk Sutoto Yakobus (kiri) kemarin.
FRIZAL/JAWA POS INFRASTRUK­TUR: Harun Hajadi (kanan) bersama Direktur Senior PT Ciputra Developmen­t Tbk Sutoto Yakobus (kiri) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia