Jawa Pos

Thailand Runtuhkan Tembok China

-

Tiongkok Prancis

PANTAS saja bila tim Uber Thailand mengalahka­n Indonesia di babak perempat final. Pada pertanding­an babak semifinal di Impact Arena, Bangkok, sore kemarin, Ratchanok Intanon dan kawan-kawan berhasil menumbangk­an unggulan kedua, Tiongkok, dengan skor tipis 3-2.

Kemenangan Thailan d lagi-lagi ditentukan tunggal ketiga Busanan Ongbamrung­phan. Pemain 22 tahun itu mengalahka­n pemain senior Tiongkok Li Xuerui dua set langsung, 21-11, 21-9. ’’Saya sangat senang kembali menjadi penentu kemenangan Thailand. Besok (hari ini, Red) di final kami harus lebih baik lagi,’’ kata Busanan setelah pertanding­an.

Busanan juga menjadi penentu kemenangan Thailand atas Indonesia di babak perempat final. Saat itu dia menundukka­n pemain mungil Indonesia Ruselli Hartawan di partai terakhir.

Penampilan Li Xuerui di Uber Cup memang mengejutka­n. Setelah cedera pada Olimpiade 2016 di Rio, Brasil, peraih emas Olimpiade 2012 tersebut baru kembali di Uber Cup. Pemain yang pernah tiga kali mengantar Tiongkok menjuarai Uber Cup tersebut tidak dinyana kalah dua kali kalah oleh pemain muda pada edisi 2018. Selain kalah oleh Busanan, dia sebelumnya tumbang oleh Ruselli pada babak penyisihan grup D.

Manajer tim Thailand Rexy Mainaky mengatakan, kunci kemenangan timnya ada di tunggal pertama Ratchanok Intanon yang menang atas Chen Yufei. Begitu Ratchanok menang, kepercayaa­n diri para pemain Thailand bangkit. Sukses tersebut diikuti tunggal kedua Niatchon Jindapol yang mampu menumbangk­an Gao Fangjie.

’’Kalau pada ganda kedua, gaya permainan pemain Thailand (Puttita Supajiraku­l/Sapsiree Taerattana­chai, Red) memang cocok untuk melawan gandaganda Tiongkok (Huang Yaqiong/ Tang Jinhua),’’ kata Rexy.

Menghadapi Jepang di partai final besok, Rexy mengakui bahwa di atas kertas lawan lebih unggul. Namun, tidak berarti Thailand tidak bisa menumbangk­an tim unggulan pertama tersebut.

Menurut Rexy, Jepang memiliki pemain tunggal yang merata. Thailand harus bisa mengambil semua ganda dan mencuri paling tidak satu angka di nomor tunggal.

 ??  ??
 ?? TOMY C. GUTOMO ?? HANGAT: Kabidbinpr­es PP PBSI Susy Susanti bercanda dengan mantan Kabidbinpr­es PP PBSI yang sekarang menjadi manajer Tim Thomas-Uber Thailand Rexy Mainaky.
TOMY C. GUTOMO HANGAT: Kabidbinpr­es PP PBSI Susy Susanti bercanda dengan mantan Kabidbinpr­es PP PBSI yang sekarang menjadi manajer Tim Thomas-Uber Thailand Rexy Mainaky.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia