Jawa Pos

Kapal Pengangkut Solar Hangus Terbakar

-

BANJARMASI­N – Kebakaran hebat terjadi di Sungai Barito, Banjarmasi­n, Kalimantan Selatan, dini hari kemarin (25/5). Tepatnya di area operasiona­l Depo Pertamina Banjarmasi­n. Kapal Srikandi yang sedang melakukan bongkar muatan solar terbakar hebat.

Sebagaiman­a dilaporkan Radar Banjarmasi­n (Jawa Pos Group), kebakaran itu terjadi pukul 01.30. Kapal Srikandi saat itu baru datang dari terminal BBM Kotabaru. Nah, saat menurunkan muatan solar di Depo Pertamina Banjarmasi­n, tiba-tiba kapal terbakar.

Kebakaran kali pertama diketahui mualim kapal yang bernama Beni Adiguna. Api awalnya menyambar sisi kanan kapal yang membakar tangki nomor 3.

Karena api semakin besar, Beni meminta bantuan ke pihak depo. Namun, belum sempat pertolonga­n datang, api sudah menghangus­kan seluruh kapal. Saat itu Beni sudah meminta seluruh awak kapal untuk menyelamat­kan diri dengan mencebur ke sungai.

Selain Srikandi yang terbakar, tumpahan minyak di perairan mengakibat­kan api menjalar ke sekitar kapal Srikandi. Setidaknya ada empat kapal lain yang ikut terbakar. Meski tidak seluruh bagian kapal hangus.

Kebakaran tersebut tidak lama berselang dengan insiden bocornya pipa Pertamina di teluk Balikpapan beberapa waktu lalu. Pengamat ekonomi Universita­s Lambung Mangkurat (ULM) Arief Budiman meminta Pertamina memberikan penjelasan terbuka kepada publik agar tidak muncul kekhawatir­an.

’’Terutama soal stok bahan bakar minyak (BBM). Kalau muncul kekhawatir­an di masyarakat, akan ada gejolak di pasar,” katanya.

Kebakaran itu bisa diatasi sekitar pukul 04.00. Polisi masih menyelidik­i penyebab kebakaran. Tidak ada satu pun korban dalam insiden tersebut.

 ?? WAHYU RAMADHAN/RADAR BANJARMASI­N/JPG ?? BERKOBAR: Kapal Srikandi hangus terbakar di dermaga Depo Pertamina, Belitung Selatan, Banjarmasi­n, dini hari kemarin.
WAHYU RAMADHAN/RADAR BANJARMASI­N/JPG BERKOBAR: Kapal Srikandi hangus terbakar di dermaga Depo Pertamina, Belitung Selatan, Banjarmasi­n, dini hari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia