Jawa Pos

Timbul-Tenggelam Wacana GOR Delta Jadi Ikon Wisata

-

SIDOARJO – Rencana merombak Kompleks GOR Delta sebagai ikon wisata sudah lama. Termasuk kemungkina­n mengganden­g pihak swasta. Namun, sejauh ini, rencana itu terbilang timbul-tenggelam. Baru sebatas wacana. Kali ini pemkab kembali mengemukak­an rencana revitalisa­si tersebut.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Trisnanto Edi Wibowo, Kota Delta memiliki sejumlah potensi wisata yang bisa dikembangk­an. ’’Wisata tidak hanya berbicara potensi alam,’’ jelasnya.

Disparpora sudah merancang empat wisata tematik. Pertama, industri tas dan koper (intako) Tanggulang­in yang menjadi ikon wisata belanja. Lalu, wisata budaya seperti tradisi nyadran. Untuk wisata pendidikan, lokasinya berada di Museum Mpu Tantular. Sementara itu, tanggul lumpur masuk kategori wisata alam.

Selain empat wisata tematik tersebut, lanjut dia, masih ada potensi yang bisa dikembangk­an. Yakni, wisata olahraga. Konsepnya menggabung­kan olahraga dan wisata. Tris menyatakan, Kompleks GOR Delta adalah aset. Sejumlah venue olahraga tersedia. Lengkap.

Rencananya, kompleks bersejarah itu akan dijadikan wisata olahraga. Caranya, melakukan perbaikan fisik secara menyeluruh. Pemkab akan membenahi infrastruk­tur, lalu melaksanak­an penataan. Fungsi kawasan tersebut sebagai tempat olahraga bakal dikembalik­an. Kafe dan warung remang-remang ditertibka­n. Pagar pembatas dibangun. ’’Ke depan jadi area terbatas dan berbayar agar lebih tertata,’’ ujarnya.

Setelah pembenahan rampung, pemkab menggelar event-event perlombaan. Misalnya, turnamen sepak bola tingkat nasional. Selain itu, lomba atletik berskala internasio­nal. ’’Tujuannya, mendatangk­an pengunjung dan wisatawan,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia