Jawa Pos

Pembobol Tiga Ruko Lebih dari Satu

-

SIDOARJO – Kasus pembobolan tiga ruko di Jalan Brigjen Katamso, Waru, belum menemukan titik terang. Hingga kemarin (25/5), identitas pelakunya masih gelap. Dari modusnya, petugas menengarai pelaku lebih dari satu orang.

Kapolsek Waru Kompol Muhammad Fathoni menyatakan, lokasi kejadian sebenarnya ramai dengan lalu-lalang warga. Sebab, tempatnya berada di pinggir salah satu jalan utama. Dia heran dengan aksi nekat pelakunya. ’’Jalanannya saat malam juga masih ramai,’’ ujarnya.

Dari fakta tersebut, pelaku ditengarai sudah memetakan lokasi. Jadi, dia menyiapkan kamuflase agar aksinya tidak menarik kecurigaan warga. ’’Modus pengalihan­nya masih ditelusuri. Yang pasti masuk lewat pintu depan,’’ ucapnya.

Indikasiny­a, pelaku tidak sendirian. Sebab, alur pencuriann­ya tampak tertata dan cepat. Mulai merusak gembok pintu dengan gergaji sampai menggeleda­h barang yang bisa dijarah. Dalam semalam, bandit itu bisa membobol tiga ruko yang saling berdamping­an. ’’Hampir seperti pelaku profesiona­l,’’ ungkapnya.

Terlebih, pelaku juga menghilang­kan barang bukti dengan mengambil memori kamera CCTV di setiap ruko. Harapannya, petugas tidak punya banyak petunjuk. ’’Tapi, pencurian itu tidak berjalan sesuai rencana,’’ katanya.

Ya, dari sudut pandangnya, ulah pelaku belum bisa dikatakan berhasil. Sebab, barang yang dijarah minim. Hanya uang Rp 2 juta di laci kasir yang dibawa kabur. Bandit gagal membongkar brankas di dalam ruko. ’’Barang lain tidak ada yang hilang,’’ ungkapnya.

Sebagaiman­a diberitaka­n, tiga ruko di Jalan Brigjen Katamso dibobol pencuri Kamis dini hari (24/5). Masing-masing adalah koperasi, bengkel, dan kantor perusahaan leasing. Letak ketiganya bersebelah­an. Modus pelaku untuk menghilang­kan barang bukti adalah mengambil rekaman CCTV.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? CARI PEMBOBOL: Petugas unit identifika­si Polresta Sidoarjo memeriksa rolling door yang dibuka paksa oleh pelaku.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS CARI PEMBOBOL: Petugas unit identifika­si Polresta Sidoarjo memeriksa rolling door yang dibuka paksa oleh pelaku.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia