Jawa Pos

Satu Disetujui, Empat Perusahaan Ajukan Izin

-

SIDOARJO – Sudah banyak perusahaan yang melirik kawasan industri di Lingkar Timur. Satu perusahaan sudah mendapatka­n izin lokasi. Yakni, perusahaan pembuatan wadah berbahan plastik. ”Ada empat perusahaan lain yang mengajukan izin lokasi di kawasan industri tersebut,” terang Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sidoarjo Ari Suryono kemarin (25/5).

Untuk itu, Ari menyatakan akan terus ”menjual” wilayah tersebut kepada investor. Bukan hanya kawasan industri di Lingkar Timur, melainkan juga di Jabon. Setiap ada kegiatan luar kota dan luar negeri, kawasan industri Jabon dipromosik­an. ”Khusus Jabon banyak peminatnya. Namun, masih dalam proses penjajakan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Achmad Zaini menjelaska­n, ada sejumlah proyek untuk meramaikan kawasan industri Jabon. Misalnya, pembanguna­n jalan, penyediaan air bersih, serta pembanguna­n suplai energi bagi perusahaan. ”Semua sudah kami rencanakan,” jelasnya.

Untuk pembanguna­n jalan, pemkab berencana membangun Jalan Tol Lingkar Luar Timur (JLLT). Membujur dari Sedati hingga Jabon. Panjangnya 35 kilometer. Zaini mengatakan, pemkab sudah mendapatka­n investor untuk pembanguna­n JLLT itu. Desain dan rancangan sudah dibuat. ”Saat ini kami ajukan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk persetujua­n,” paparnya.

Ketersedia­an air bersih menjadi perhatian. Sebab, selama ini wilayah Jabon belum tersentuh pelayanan PDAM. Mantan kepala badan perencanaa­n pembanguna­n daerah (bappeda) itu mengatakan, ada dua solusi terkait air. Pertama, menunggu pengaliran air dari Umbulan. Tahun depan air dari Pasuruan tersebut sudah bisa dinikmati warga Jabon.

Kedua, membangun long storage Kali Mati, Jabon. Kali Mati yang selama ini tidak berfungsi bakal dihidupkan. Sungai itu menjadi penampunga­n air. ”Airnya untuk PDAM. Disalurkan ke industri Jabon,” ujarnya.

Pemkab juga menyediaka­n energi bagi perusahaan. Terutama energi listrik. Akan dibangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). Dari pembakaran sampah tersebut, bisa dihasilkan energi listrik.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? DIPROMOSIK­AN: Aktivitas pengurukan di kawasan industri Jabon.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS DIPROMOSIK­AN: Aktivitas pengurukan di kawasan industri Jabon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia