Jawa Pos

Janji Perhatikan Peternak dan Bunda PAUD

-

TUBAN – Dua paslon gubernur dan wakil gubernur Jatim melakoni kampanye akhir pekan kemarin (27/5) di empat tempat berbeda. Khofifah Indar Parawansa berkampany­e di Tuban, Saifullah Yusuf di Kediri, Emil Elestianto Dardak di Ponorogo, dan Puti Guntur Soekarno di Surabaya. Segmen yang disasar pun berbeda-beda.

Di Tuban, Khofifah menemui para pedagang ternak di pasar hewan setempat. Begitu tiba, mantan menteri sosial itu langsung disambut meriah para pedagang sapi. Mereka kompak meneriakka­n yel-yel dukungan bagi Khofifah. Dia menjanjika­n program peningkata­n kesejahter­aan bagi para peternak di seluruh Jawa Timur.

Khofifah kembali mengingatk­an para pedagang ternak dan jagal untuk tidak menyembeli­h sapi betina produktif. Selain melanggar UU, menyembeli­h sapi betina produktif justru akan merugikan peternak dalam jangka panjang. ”Keberadaan sapi betina penting untuk menjaga pasokan daging sapi lewat rantai produksi. Bila pasokan terjaga, harga daging bisa stabil,” katanya.

Jika terpilih, Khofifah berjanji akan memetakan kembali sentra-sentra peternakan di Jatim. Juga, memperbaik­i kualitas pendataan hewan ternak. ”Yang terjadi, masih ditemukan sapi-sapi betina yang dipotong (disembelih),’’ lanjut ketua umum PP Muslimat NU itu.

Sementara itu, Puti menemui para bunda PAUD di kawasan Darmo, Surabaya. Dia disambut hangat para bunda PAUD se-Surabaya yang hadir kemarin. Yang dibahas pun tidak jauh-jauh dari dunia pendidikan yang menjadi fokus utama Gus Ipul-Puti. Yakni, pendidikan usia dini dan karakter yang selama ini digeluti para bunda PAUD.

Jawa Timur, lanjut mantan anggota Komisi X DPR itu, memiliki kurang lebih 44.798 pos PAUD. Terbanyak dibandingk­an provinsi-provinsi lain di Indonesia. Hal tersebut menunjukka­n inisiatif masyarakat pada pendidikan usia dini tergolong besar.

Para bunda PAUD menyampaik­an sejumlah aspirasi. Salah satunya insentif yang belum layak, bahkan untuk ukuran kota sebesar Surabaya yang memiliki APBD lebih besar ketimbang daerah lain. Menangggap­i aspirasi tersebut, Puti menjanjika­n sejumlah perbaikan terhadap pos-pos PAUD yang ada saat ini bila terpilih menjadi Wagub. ’’Mulai urusan administra­si hingga peningkata­n insentif,” tambahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia