Jawa Pos

Ajak Rakyat Cintai Lira

-

ANKARA – Sejak awal tahun, nilai mata uang Turki terus turun. Sejauh ini, nilainya berkurang sekitar 20 persen. Untuk menyelamat­kan perekonomi­an negaranya, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengimbau warga mencintai lira. Caranya, menukarkan seluruh simpanan mata uang asing mereka dengan lira.

’’Saudara-saudaraku, kalian yang menimbun dolar atau euro di bawah bantal segera tukarkanla­h uang simpanan kalian itu dengan lira. Kita akan mengatasi semua ini bersama-sama,’’ kata Erdogan di hadapan massa yang mendengark­an pidatonya di Erzurum sebagaiman­a dikutip Al Jazeera kemarin (27/5). Menurut tokoh 64 tahun itu, nilai mata uang lira turun karena konspirasi jahat musuh-musuh Turki.

Erdogan yang hendak mencalonka­n diri lagi dalam pemilihan presiden (pilpres) bulan depan mulai memainkan kartu ekonomi. Dengan menjadikan negaranega­ra asing sebagai musuh bersama, dia berharap mendapat banyak dukungan dari rakyat.(hep/c19/dos)

 ?? SERTAC KAYAR/REUTERS ?? TENGAH TERPURUK: Seorang petugas penukaran uang menghitung lira di salah satu bank di Diyarbakir, Turki.
SERTAC KAYAR/REUTERS TENGAH TERPURUK: Seorang petugas penukaran uang menghitung lira di salah satu bank di Diyarbakir, Turki.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia