Jawa Pos

Tebus Barang Meningkat

-

JAKARTA – PT Pegadaian (Persero) memperkira­kan permintaan tebus barang akan meningkat jelang Lebaran. Hal tersebut terdorong pencairan gaji ke-13 maupun THR (tunjangan hari raya) yang diterima masyarakat.

Barang gadai yang ditebus menjelang Lebaran masih didominasi perhiasan emas sekitar 90 persen dari seluruh barang tebusan. Meski demikian, tetap ada masyarakat yang menggadaik­an barang mereka jelang Lebaran. Namun, jumlahnya sedikit. Proporsi antara tebus dan gadai barang masing-masing sekitar 70 persen dan 30 persen.

Total kenaikan transaksi menjelang Lebaran mencapai 2–4 persen jika dibandingk­an dengan kondisi normal. Setiap hari secara keseluruha­n, ada 125 ribu transaksi di Pegadaian. Masyarakat biasanya menggadaik­an barang menjelang Lebaran untuk keperluan Lebaran di luar kota.

Banyak barang pribadi seperti kendaraan, emas, dan barang elektronik yang digadaikan untuk biaya Lebaran. ’’Sekaligus lebih aman daripada dibiarkan di rumah kosong,’’ kata Direktur Utama Pegadaian Sunarso.

Terlebih, libur Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga banyak juga nasabah Pegadaian yang menitipkan barang berharga mereka ke Pegadaian untuk faktor keamanan. Terutama perhiasan. ’’Untuk memberikan rasa aman, semua outlet Pegadaian dijaga selama 24 jam oleh petugas keamanan,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia