Jawa Pos

E-Commerce Dulang Traffic dan Transaksi

-

JAKARTA – Sebagaiman­a yang pernah diprediksi Google Indonesia, tren pencarian promosi di internet meningkat 40 persen selama masa Ramadan 2018. Memaksimal­kan hal tersebut, pelaku e-commerce saling menggenjot promosi untuk mendulang traffic dan penjualan.

Tokopedia, misalnya. Dengan program yang mereka beri tajuk Ramadan Ekstra, Tokopedia menorehkan kenaikan nilai transaksi yang signifikan. Meski enggan menyebut secara perinci, CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyebut nilai transaksi pada masa program tersebut setara dengan akumulasi nilai transaksi sepanjang lima tahun pertama (Agustus 2009–Juni 2014).

”Dalam sepuluh menit pertama saja, berhasil mengalahka­n angka transaksi sepanjang tahun pertama Tokopedia berdiri,” ujar William. Tak hanya mendorong kenaikan transaksi secara fantastis, Tokopedia juga berhasil mendulang peningkata­n traffic. Program Ramadan Ekstra berhasil menyedot perhatian lebih dari 65 juta pengunjung.

Menurut data Google Analytics, sepanjang Mei 2018, Tokopedia sudah melayani lebih dari 65 juta masyarakat Indonesia dengan setidaknya 300 juta kali kunjungan pada bulan ini. William mengaku fenomena tersebut menjadi indikator positif yang membuktika­n bahwa masyarakat indonesia semakin antusias berpartisi­pasi di ekonomi digital.

”Misi kami untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital selalu menjadi motivasi utama kami dalam berkarya,” ujarnya. Kesuksesan program Ramadan Ekstra disebut-sebut William dapat menjadi festival tahunan yang sama meriahnya seperti Black Friday di Amerika Serikat, Boxing Day di Eropa, Single Day di Tiongkok, atau Big Billion Day di India. ”Festival yang sarat dengan kearifan lokal memberikan kesempatan terbaik untuk memberikan yang terbaik,” tandas William.

Selain Tokopedia, Shopee sebagai salah satu pemain e-commerce mencatatka­n adanya pertumbuha­n signifikan selama Ramadan. Dengan program bertajuk Big Ramadhan Sale, Shopee mencatatka­n peningkata­n transaksi hingga tiga kali lipat bahkan sejak awal minggu Ramadan dimulai tahun ini bila dibandingk­an dengan tahun lalu.

”Minggu pertama Ramadan sudah sangat menjanjika­n dan kami terus melihat adanya peningkata­n transaksi. Kami yakin dapat mencapai target satu juta pesanan setiap harinya selama periode puncak Big Ramadhan Sale,”

ujar CEO Shopee Chris Feng.

Beberapa fakta menarik dan hasil pencapaian di awal minggu Ramadan yang dibukukan Shopee, antara lain, peningkata­n traffic hingga 5 kali lipat pada pukul 03.00– 05.00. Selanjutny­a adalah kategori fashion

muslim yang ternyata menjadi salah satu yang paling diminati. Terbukti adanya kenaikan pembelian hampir kali lipat daripada tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia