Jawa Pos

Serbu Sembako Murah di Makodam

-

SURABAYA – Ribuan orang tumpah ruah memadati Lapangan Makodam V/Brawijaya kemarin (27/5). Mereka datang untuk berburu sembako dan bahan pokok lainnya yang dijual murah dalam pergelaran bazar murah Ramadan yang dibuka langsung oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

Acara tersebut merupakan bentuk kerja sama pengusaha swasta dan unit usaha di lingkungan Kodam V/Brawijaya. Sebanyak 42 stan berjajar mengelilin­gi lapangan. Tiap stan menjual beragam bahan makanan dan sembako. Antara lain, beras, telur, minyak goreng, dan beberapa bumbu dapur.

Arif Rahman menyatakan, bazar tersebut diselengga­rakan dalam rangka kemanungga­lan TNI dengan rakyat. Dengan bazar itu, TNI bisa lebih dekat dengan masyarakat. Selain itu, masyarakat bisa memperoleh sembako dengan harga yang cukup miring. ’’Di sini tersedia sembako dengan diskon 20 persen, 30 persen, hingga 50 persen,’’ ujarnya.

Arif juga bersyukur harga sembako cenderung stabil. Namun, harga sembako yang dijual di bazar murah jauh di bawah harga pasar. Minyak goreng, misalnya,diminimark­etkemasan 2 liter dijual Rp 25 ribu

Di bazar murah bisa didapatkan denganharg­aRp13ribu.Beras juga dijual dengan harga Rp 9 ribu– Rp 10 ribu per kilogram.

Arif berharap momen tersebut bisa dimanfaatk­an sebaikbaik­nya. Yakni, dengan membeli kebutuhan pokok yang tengah dibutuhkan. Sebab, bazar murah hanya dilaksanak­an sehari. ’’Bisa diborong. Syukur-syukur bisa mencukupi kebutuhan sampai Lebaran nanti,’’ tambah Arif yang juga sempat melayani pembeli kemarin.

Dia juga berterima kasih kepada pengusaha swasta yang terlibat. Sebab, harga murah tersebut didapat dari setiap perusahaan yang memberikan subsidi. Ada yang berbentuk kupon. Ada pula yang langsung dijual dengan harga murah.

Salah satu pengunjung, Nurul Solihatin, sangat antusias dengan bazar tersebut. Nurul menyatakan, dirinya bisa membeli sembako dengan harga yang cukup murah. Dia juga terlihat menenteng hasil buruannya. ’’Beli semua kebutuhan di sini, nanti saya mau sewa becak untuk bawa pulang,’’ katanya.

Barang belanjaan yang cukup menyita perhatian adalah telur. Telur terlihat disusun dalam wadah dengan isi 30 butir per wadah. Nurul tampak membeli tiga wadah telur. ’’Ini isi 30 butir, harganya cuma Rp 38 ribu. Di luar per kilogram isi 16 butir harganya Rp 25 ribu,’’ kata Nurul.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ??
DIPTA WAHYU/JAWA POS
 ?? AHMAD DIDIN/JAWA POS ?? SEDIA ANEKA SEMBAKO: Puluhan warga Surabaya berdesakan untuk mengantre sembako murah pada acara bazar di Lapangan Kodam V/ Brawijaya (foto atas). Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman beserta istri, Mia Kusmiati Arif Rahman, melayani pembeli.
AHMAD DIDIN/JAWA POS SEDIA ANEKA SEMBAKO: Puluhan warga Surabaya berdesakan untuk mengantre sembako murah pada acara bazar di Lapangan Kodam V/ Brawijaya (foto atas). Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman beserta istri, Mia Kusmiati Arif Rahman, melayani pembeli.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia