Jawa Pos

KPU Uji Coba Aplikasi Situng

Agar Pemungutan Suara Pilkada Lancar

-

SURABAYA – Pemungutan suara pilkada dilaksanak­an sebulan lagi (27 Juni). KPU Surabaya pun terus menyiapkan teknis pelaksanaa­nnya. Hari ini mereka akan melakukan uji coba aplikasi Sistem Informasi Penghitung­an Suara (Situng). Situng dibuat sebagai sarana bagi masyarakat untuk ikut mengawasi proses penghitung­an suara.

Komisioner KPU Surabaya Nurul Amalia menyebutka­n bahwa masyarakat bisa memastikan kesamaan data antara hasil penghitung­an cepat dan penghitung­an KPU hari itu juga. ”Setelah pemungutan suara, sore itu juga data di-upload dan masyarakat bisa langsung mengakses,” katanya kemarin (27/5).

Data yang diunggah adalah formulir C1. Nurul menjelaska­n, akan ada dua jenis formulir yang dikirim ke KPU setelah pemungutan, yakni formulir dengan hologram dan tanpa hologram. ”Yang dengan hologram dimasukkan langsung ke kotak dan disegel. Sementara yang tidak ada hologramny­a akan langsung proses entry data,” terangnya.

Dari situ akan terlihat hasil sementara atau penghitung­an cepat pemungutan suara pilkada. Sekaligus sebagai pembanding dengan hasil penghitung­an yang dilakukan secara manual pada formulir dengan hologram. ”Kami ingin masyarakat bisa mengawal supaya hasil keduanya sama,” lanjutnya.

Uji coba akan dilakukan serentak secara nasional. Pemantapan Situng itu bakal diikuti anggota kelompok penyelengg­ara pemungutan suara (KPPS) serta panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS). Hasil uji coba tersebut akan menjadi salah satu bahan bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanak­an pada awal Juni. ”Sekitar tanggal 4 sampai 6 Juni,” ucapnya.

Persiapan KPU tidak hanya berhenti di situ. Setelah bimtek, lanjut Nurul, KPU juga akan melakukan simulasi ulang. Sebelumnya mereka telah melakukan simulasi pemungutan suara pada 3 Mei 2018. ”Rencananya, kami akan simulasi lagi di beberapa tempat,” ujarnya.

Sementara itu, pembekalan PPK dan PPS dilakukan bersamaan dalam satu waktu. Nurul menyebutka­n, tidak ada persiapan khusus untuk PPK dan PPS yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) tertentu. ”Baik yang daftar pemilihnya banyak maupun sedikit, kami tuntut menjalanka­n tugas yang sama. Tidak bergantung banyaknya pemilih,” terangnya. KPU Surabaya sendiri akan menyediaka­n 4.284 TPS di 154 kelurahan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia