Bagi Desain Penyemanga­t Gratis

Jawa Pos - - MODERN WEST -

SURABAYA – Mempersenj­atai hati dengan support moral untuk masyarakat. Itulah yang dilakukan para desainer pada pameran di Pakuwon Mall kemarin (27/5). Mereka membuat gerakan berjudul Surabaya Strikes Back. Caranya dengan membagikan sablon kepada para pengunjung secara gratis.

”Kami ingin memerangi teroris melalui karya. Ini salah satu langkah cantik yang kami ambil,” ucap Pandu Rukmi Utomo, salah seorang desainer sekaligus koordinato­r. Dosen Desain Komunikasi Visual Universita­s Ciputra tersebut membagikan satu rancangan buatannya yang bisa diaplikasi­kan di kaus, tote bag, dan benda berbahan kain lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain Pandu, ada tiga desainer yang turut ambil bagian. Mereka adalah Christian Ang, Henry Trisula, dan Muhammad Ainur. Setiap pengunjung boleh membawa kaus, kemudian memilih desain gambar untuk disablon secara gratis. Desain turut menyertaka­n kalimat-kalimat penyemanga­t seperti ’’Suroboyo Gak Wedi!” atau berbagai gambar ikon Kota Pahlawan seperti buaya dan ikan hiu.

Tingginya antusiasme pengunjung membuat para penyablon yang merupakan mahasiswa kewalahan. Pengunjung harus mau antre untuk mendapatka­n sablon gratis. Mereka berdiri mengular teratur sambil melihat proses penyablona­n. Sebagian pengunjung lain memilih menitip kaus sembari ditinggal berbelanja.

Ditemui hingga siang itu, sudah ada lebih dari 100 kaus yang disablon. Hanya ada dua warna, yakni putih dan hitam. Hal tersebut dimaksudka­n untuk mempercepa­t dan memudahkan pengerjaan. Selain itu, mereka memasarkan desain secara gratis melalui Instagram dan Facebook. ”Kami menyediaka­n highres untuk masing-masing desain. Boleh didownload, lalu direplikas­i. Gratis,” terang laki-laki berewok tersebut.

Ada lebih dari 10 desainer yang tergabung dalam Surabaya Strikes Back. ”Sayangnya, beberapa karya lain tidak bisa diaplikasi­kan dengan sablon. Ada yang lebih cocok untuk poster, misalnya,” lanjut Pandu.

Gerakan para seniman itu diharapkan menjadi kado kecil untuk ulang tahun Surabaya. Gongnya, pada 31 Mei nanti semua karya desainer dipamerkan di Universita­s Ciputra. Termasuk desain sablon, poster, lukisan, digital art, dan lain-lain.

AKHMAD RIZAL/JAWA POS

GRATIS BUATMU: Pandu Rukmi (kiri) dengan Stephen Hariono dari Surabaya Strikes Back saat menjelaska­n proses menyablon kaus di Pakuwon Mall Surabaya kemarin (27/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.