Jawa Pos

Jadi Ajang Silaturahm­i, Tanamkan Toleransi sejak Dini

DPRD Surabaya Buka Bersama Anak Yatim dan Masyarakat Tionghoa

-

Selain meningkatk­an keimanan, buka bersama menjadi sarana berbagi sekaligus menyambung silaturahm­i. Itulah yang dilakukan DPRD Kota Surabaya, buka bersama anak-anak yatim piatu.

SUASANA guyub langsung terasa begitu memasuki kantor DPRD Surabaya pada Sabtu (26/5) lalu. Kantor yang berada di Jalan Yos Sudarso, Surabaya tersebut dipenuhi oleh anak-anak yatim piatu. Mereka diundang dalam acara buka bersama. Ditemui oleh Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji, anak-anak menyambut gembira undangan tersebut.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini DPRD Surabaya juga mengundang para pengusaha Tionghoa. Mereka tergabung dalam Yayasan Bhakti Persatuan (YBP) dan Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya (PMTS).

Ramadan ini, menurut Armuji, buka bersama menjadi ajang silaturahm­i. Lewat buka bersama pula seluruh anggota dewan dari berbagai komisi dan seluruh pegawainya dapat mempererat ikatan. Selain itu, hubungan baik antara DPRD Surabaya dengan masyarakat bakal lebih terbangun.

”Buka bersama ini jadi agenda rutin tiap tahun. Tujuannya, untuk mempererat silaturahm­i dan menyenangk­an mereka. Lagi pula, Islam memerintah­kan kita untuk saling berbagi,” ungkap ketua DPRD yang menjabat selama dua periode tersebut.

Politisi PDIP tersebut juga menambahka­n bahwa anak-anak yang datang diberi bingkisan. Pemberian tersebut untuk berbagi kebahagiaa­n sekaligus menjadi tanggung jawab sosial. Bingkisan berupa peralatan tersebut diharapkan dapat membantu anak-anak dalam menjalanka­n pendidikan­nya. Terlebih, saat ini memasuki tahun ajaran baru.

Menurut Armuji, tujuan berpuasa adalah untuk memperteba­l iman dan makin bertakwa pada Allah. Bukan cuma perkara menahan lapar dan haus, tapi juga harus mengisinya dengan perbuatan baik dan melaksanak­an banyak amalan. Salah satunya, peduli terhadap sesama terutama mereka yang membutuhka­n.

Cak Ji mengaku senang dengan peningkata­n jumlah anak yatim yang diundang. Menurutnya, tiap tahun jumlah yang datang selalu bertambah. Pada 2016, hanya berjumlah 100 anak sedangkan 2017 menjadi 150 anak. Kini, anak yang datang mencapai 200.

”Jika gedung yang belakang sudah jadi, jumlah yang diundang bisa lebih banyak. Saya berharap bisa sampai 1.000 anak yatim yang diajak buka bersama,” ujarnya.

Cak Ji, sapaan akrab Armuji, mengaku bahwa acara buka bersama tersebut tak lepas dari peran seluruh anggota dewan. Kontribusi mereka menjadikan acara tersebut dapat terwujud. Selain itu, anggota dari YBP dan PMTS turut menyumbang tenaga dan bantuan dalam keberhasil­an acara tersebut.

Ketua YBP Ridwan Soegianto Harjono menuturkan bahwa kegiatan tersebut harus bisa menjadi agenda rutin DPRD Kota Surabaya. Bukan sekadar berbagi, adanya YBP dan PMTS bakal mempererat persatuan dalam masyarakat.

Cak Ji mengaku bahwa hal tersebut menjadi salah satu cara untuk menanamkan persatuan pada seluruh masyarakat, terutama anak-anak. Dia meyakini bahwa rasa toleransi bakal tercipta jika anak-anak dibiasakan untuk saling menghormat­i dalam perbedaan. ”Dibiasakan untuk saling toleransi. Berkumpul dalam satu acara seperti ini,” ujarnya.

Cak Ji juga optimistis bahwa sinergi antara masyarakat, YBP, dan PMTS bakal membuahkan hal yang baik. Yakni, meyakinkan pada anakanak bahwa perbedaan bukan alasan untuk saling membenci atau menjauhi. Bahkan, harus saling mendukung dan toleransi.

Hal senada disampaika­n oleh Ridwan. Baginya, datang ke acara buka bersama, selain dapat saling berbagi, pihaknya dapat lebih mendekatka­n diri dengan seluruh segmen masyarakat. Dia juga menyanggup­i untuk menjadi pendukung jika ke depan diadakan acara serupa oleh DPRD Kota Surabaya.

 ?? ARI SETYANINGR­UM/JAWA POS ?? SAMBUT GEMBIRA: DPRD Surabaya juga mengundang anak yatim piatu dan para pengusaha Tionghoa untuk buka bersama pada Sabtu (26/5) di kantor DPRD Surabaya.
ARI SETYANINGR­UM/JAWA POS SAMBUT GEMBIRA: DPRD Surabaya juga mengundang anak yatim piatu dan para pengusaha Tionghoa untuk buka bersama pada Sabtu (26/5) di kantor DPRD Surabaya.
 ?? ARI SETYANINGR­UM/JAWA POS ?? SUASANA GUYUB: Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji tanamkan sikap persatuan di acara buka bersama.
ARI SETYANINGR­UM/JAWA POS SUASANA GUYUB: Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji tanamkan sikap persatuan di acara buka bersama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia