Jawa Pos

Yakin Sedekah Itu Ajaib

-

AMAL mulia yang istikamah sangat berpengaru­h bagi hidup seseorang. Mohammad Qosim konsisten pada sedekah. Pria yang dikenal gemar bersalawat itu mengajak siapa pun untuk membiasaka­n diri bersedekah. Terutama untuk anak yatim piatu dan fakir miskin.

Sepekan sekali Qosim mengadakan pengajian di rumah dinas di Jalan Basuki Rahmad. Semacam open house. Ratusan orang datang untuk beristigho­tsah. Banyak di antara mereka yang kurang mampu. Beberapa hadirin yang ditanya Jawa Pos mengatakan diberi bingkisan makanan dan pakaian. Ada juga yang diberi uang.

Qosim mengakui itu. ’’Ada yang merasa dapat saweran. Tapi, saya menyebutny­a sedekah,’’ ungkapnya, lantas tersenyum. Dia yakin bahwa seseorang yang rajin berbagi rezeki akan dilipatgan­dakan rezekinya oleh Allah SWT. Harta itu memang kelihatann­ya berkurang.

’’Tapi, (rezeki, Red) muncul dari jalan yang tidak disangka-sangka,’’ paparnya. Qosim sangat percaya keajaiban sedekah. Sehari-hari Qosim mengamalka­n doa dari tuntunan Nabi Muhammad SAW. Tujuannya, terhindar dari berbagai bahaya dan kejadian yang buruk.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? HORMAT: Zumrotus mencium tangan Qosim, imam hidupnya.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS HORMAT: Zumrotus mencium tangan Qosim, imam hidupnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia