Jawa Pos

Curhat Bareng Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak

-

SURABAYA – Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto terus berusaha mengenali wilayah hukum yang diawasinya. Sabtu malam (26/5) dia mengundang warga Kecamatan Asemrowo untuk cangkruk. Para pemangku kepentinga­n di kecamatan tersebut ngobrol ngalor-ngidul soal keamanan sampai medsos.

’’Ini baru satu bulan saya tugas di sini, Bapak, Ibu. Karena saya kebiasaan di reserse, nggak banyak berhubunga­n dengan warga. Makanya, saya minta cangkruk lah dengan s ampean semua ,’’ ungkapnya di halaman kantor Kecamatan Asemrowo malam itu.

Dia mengaku perlu masukan tentang permasalah­an di masyarakat kawasan pelabuhan. Terutama persoalan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dengan begitu, polres nanti bisa ikut berpartisi­pasi dalam mencari solusi.

Acara bincang-bincang yang juga dihadiri Kapolsek Asemrowo Kompol Ahmad Faisol Amir dan Camat Asemrowo Hari Tjahjono tersebut pun mengalir santai. Ketua RT dan RW yang diundang dalam kesempatan itu mengungkap­kan keluh kesahnya selama ini. Salah satunya, soal barikade pengamanan setelah insiden bom yang dipasang di depan polsek.

’’Banyak warga yang mengeluh, Pak. Jalan jadi macet dan pedagang pasar di dekat kawasan polsek mengaku jualannya sepi,’’ ujar Muhammad Musni, ketua RT 12, RW 2, Asemrowo. Musni juga mengungkap­kan keresahan karena banyak pencurian kenda- raan bermotor (curanmor) di kampung mereka. Diakui, pencurian itu sering terjadi saat siang. Ketika warga sibuk dengan pekerjaan atau usaha masing-masing. Mereka pun meminta polisi mengerahka­n personel untuk berpatroli di sekitar kampung.

Mendengar semua keluh kesah itu, Agus mengaku merasa disentil. Dia mengaku memang masih harus berbenah untuk menciptaka­n lingkungan yang lebih aman. Namun, upaya tersebut juga harus dibarengi peran masyarakat. ’’Sampean bisa hidupkan lagi siskamling untuk jaga keamanan. Atau, jika memang ada tindak kriminal, segera laporkan. Sebab, personel kami juga terbatas,’’ ungkapnya.

 ?? MOCHAMAD SALSADYL/JAWA POS ?? SALING MEMBERI MASUKAN: Dari kiri, Kapolsek Asemrowo Kompol Ahmad Faisol Amir, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto, dan Camat Asemrowo Hari Tjahjono asyik berbincang pada Sabtu malam di halaman Kantor Kecamatan Asemrowo.
MOCHAMAD SALSADYL/JAWA POS SALING MEMBERI MASUKAN: Dari kiri, Kapolsek Asemrowo Kompol Ahmad Faisol Amir, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto, dan Camat Asemrowo Hari Tjahjono asyik berbincang pada Sabtu malam di halaman Kantor Kecamatan Asemrowo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia