Jawa Pos

Jasa Penukaran Uang Jadi Sasaran Aksi

-

SURABAYA – Jasa penukaran uang saat ini menjadi incaran nomor satu warga Surabaya. Terutama mereka yang hendak bersiap-siap kembali ke kampung halaman. Bagi-bagi uang baru untuk sanak saudara sudah menjadi tradisi yang menyenangk­an.

Hal itu justru dimanfaatk­an Nasir untuk berbuat jahat. Pria 38 tahun tersebut menyasar para penyedia jasa penukaran uang yang kini mulai menjamur di pinggir jalan Surabaya. Dia menggasak sejumlah uang pecahan kecil yang dijajakan. Lokasinya berada di Jalan Sulung, Krembangan Selatan. Penangkapa­n itu dilakukan Unit Reskrim Polsek Genteng pada Jumat (25/5).

Modusnya, Nasir berpura-pura sebagai pembeli. Dia menanyakan tarif untuk sebendel uang Rp 5 ribu. Kepada pemilik jasa penukaran uang, dia mengaku hendak menukar uang Rp 1 juta. Karena hendak pergi ke kampung, Nasir ingin menukar uang tersebut ke pecahan yang lebih kecil. ”Alasannya akan diberikan untuk uang saku keponakann­ya di kampung,” ujar Kapolsek Genteng Ari Tresetiawa­n.

Agar penyedia jasa penukaran uang itu lengah, Nasir berusaha membuat pengalih perhatian. Caranya menanyakan ketersedia­an pecahan uang lainnya. Merasa senang akan mendapatka­n pembeli pertama, penyedia jasa penukaran uang tersebut menunjukka­n semua koleksinya. ”Nah, ketika si penjual ini sibuk nyari pecahan yang lain, tersangka beraksi,” ucap Ari.

 ?? DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS ?? SERABUTAN: Nasir bersama petugas di Mapolsek Genteng.
DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS SERABUTAN: Nasir bersama petugas di Mapolsek Genteng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia