Jawa Pos

Oknum Satpol PP Terjaring Razia

Motor Protolan, Tenggak Miras

-

SIDOARJO – Exit tol lama Jabon kembali menjadi sasaran razia kemarin (27/5). Maklum, lokasi itu ditengarai kerap menjadi tempat berkumpul anak-anak muda. Bukan sekadar kumpul-kumpul biasa. Namun, diisi dengan adu balap motor dan mabuk minuman keras (miras).

Sejak pukul 05.00, belasan polisi mendatangi lokasi untuk menghalau para pemuda yang berkumpul. Mereka diminta pulang. Saat melakukan penertiban, petugas mendapati seorang pemuda yang gelagatnya mencurigak­an. Motornya protolan. Selain itu, ban motornya cacing dan knalpotnya brong. ”Mulutnya bau alkohol,” kata Kapolsek Jabon AKP Saadun.

Dugaan petugas, pemuda itu berada di bawah pengaruh miras. Petugas pun membawanya ke kantor. Saadun meminta pemuda tersebut menunjukka­n kartu identitas. Belakangan diketahui, nama pemuda itu adalah Muhammad Zainal. Ternyata, Zainal adalah oknum anggota satpol PP yang bertugas di Kecamatan Buduran.

Zainal awalnya berkilah disebut mabuk. Namun, pemuda 26 tahun itu kemudian mengaku. Beberapa jam sebelum polisi datang, dia menenggak miras bersama teman-temannya. Warga Desa Karangtanj­ung, Candi, tersebut berdalih hanya iseng. Sungkan menolak tawaran teman. ”Ramadan bukannya ibadah malah mabuk-mabukan,” ujar Saadun.

Saadun menyatakan, operasi serupa bakal dilakukan secara berkala. Terutama pada akhir pekan. Sebab, lokasi itu nyaris selalu menjadi jujukan pelaku balap liar. ”Warga resah dengan keberadaan mereka. Jadi, perlu ada patroli atau penjagaan agar massa yang belia itu tidak berkumpul,” katanya.

Saat dikonfirma­si, Kasatpol PP Widiyantor­o Basuki menyatakan belum mendapat laporan tentang penangkapa­n Zainal. ”Saya cek ke anggota,” ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia