Jawa Pos

Calon Pendaftar Bisa Ambil PIN

-

SIDOARJO – Hari ini (28/5) pengambila­n PIN untuk pendaftara­n peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK negeri kembali dibuka. Untuk mengambil PIN, calon pendaftar bisa mendatangi sekolah tujuan maupun kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Sidoarjo. Pengambila­n PIN dilangsung­kan pada jam kerja dan dilayani hingga 8 Juni.

Sejumlah SMA/SMK negeri sudah menyiapkan tempat khusus. Lengkap dengan komputer dan guru pendamping simulasi PPDB. Siswa yang bingung cara mendaftar bisa bertanya langsung. ’’Tahun lalu kami juga menyiapkan lab komputer dan guru pendamping untuk calon siswa,’’ ujar Asmunir, kepala SMKN 2 Sidoarjo.

Begitu pula di SMKN 1 Sidoarjo. ’’Di sini juga ada komputer yang bisa digunakan, tetapi tidak banyak,’’ tutur Ainur Rois, panitia PPDB SMKN 1 Sidoarjo.

Para calon siswa diharapkan melakukan simulasi. Tujuannya, meminimalk­an masalah saat pendaftara­n PPDB pada 25–28 Juni. ’’Sehingga nanti lebih lancar dan nggak bingung,’’ ujar Rintis Jona, Kasi SMA/SMK/PK/PLK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Sidoarjo.

Sebelum pendaftara­n PPDB dimulai, pada 30 Mei–4 Juni calon siswa bisa mendaftar melalui jalur prestasi, bidikmisi, mitra warga, dan inklusi. ’’Daftarnya langsung ke SMA dan SMK tujuan. Nanti ada panitia khusus di sekolah,’’ jelas Jona. Selanjutny­a, pada 5–7 Juni seluruh pendaftar diverifika­si. Pada 8 Juni, yang lolos melalui jalur tersebut diumumkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia