Jawa Pos

Wujudkan Jatim Harmoni

-

JATIM Harmoni merupakan bagian dari Nawa Bhakti Satya yang memperjuan­gkan keselarasa­n, kerukunan antarinsan masyarakat, serta dengan alam lingkungan. Harmoni adalah kondisi keseimbang­an antarunsur masyarakat. Harmoni juga menggambar­kan keguyuban atau kerukunan masyarakat dengan turut menghargai warisan budaya dan kelestaria­n alam.

Kondisi harmoni terjadi apabila ada rasa saling percaya dan gotong royong antaranggo­ta masyarakat. Nilai-nilai saling percaya tersebut tercipta bila ada internalis­asi nilai saling asih, saling asah, dan saling asuh. Sebagai bagian internalis­asi nilai tersebut, kulikulum pendidikan dan kebudayaan harus mengajarka­n kerukunan masyarakat.

Harmoni masyarakat juga akan menciptaka­n toleransi antarumat beragama sebagai perwujudan nilai kebinekaan. Internalis­asi berbeda dengan sosialisas­i bahwa ajaran tidak berhenti hanya kepada lokakarya atau seminar dan pelajaran sekolah, tetapi dalam konsistens­i keseharian tingkah laku, sikap, serta keteladana­n kepemimpin­an.

Bhakti Jatim Berkah secara khusus berupaya membangun kesalehan sosial, harmoni sosial, dan mendorong pengamalan sila pertama Pancasila untuk menjadikan insan Jawa Timur senantiasa dekat dengan Sang Pencipta dan memantapka­n hubungan antarmanus­ia dalam masyarakat yang majemuk.

Jatim Harmoni juga termasuk memberikan apresiasi atas perjuangan para pemuka agama dan, dalam konteks pemeluk agama Islam, pemberdaya­an pondok pesantren. Kesemuanya terintegra­si dalam sebuah upaya mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia.

Sikap tolong-menolong, kejujuran, kepedulian sosial adalah nilai-nilai universal yang ditanamkan di semua agama sebagai rahmat dari Sang Pencipta. Dan, itu yang menjadi basis korelasi antara Bhakti Jatim Berkah dan Bhakti Jatim Harmoni.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia