Jawa Pos

841 Napi Terima Remisi Waisak

-

JAKARTA – Sebanyak 841 narapidana (napi) yang beragama Buddha mendapat penguranga­n masa pemidanaan (remisi) khusus pada perayaan Waisak 2562 kemarin (29/5). Di antaranya, sembilan napi langsung bebas. Sedangkan sisanya masih berada di lembaga pemasyarak­atan (lapas) dan rumah tahanan (rutan).

Dirjen Pemasyarak­atan (Dirjen Pas) Kemenkum HAM Sri Puguh Budi Utami memerinci, 145 napi menerima remisi 15 hari, 516 lainnya memperoleh penguranga­n masa hukuman 1 bulan, 151 napi mendapat remisi 1 bulan 15 hari, dan 20 orang menerima remisi 2 bulan. Sementara itu, sembilan napi lain langsung bebas setelah menerima remisi 1 bulan, 15 hari, 1 bulan 15 hari, dan 2 bulan.

Saat ini jumlah napi pemeluk Buddha di lapas dan rutan sebanyak 2.806 orang. Jumlah penerima remisi terbanyak dicatatkan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum HAM Sumatera Utara. Yaitu, 157 napi. Disusul Kalimantan Barat dengan 122 napi penerima remisi dan DKI Jakarta dengan 115 napi. ”Pemberian remisi telah memenuhi ketentuan yang berlaku,” ujarnya kemarin.

Menurut dia, remisi diberikan kepada napi Buddha yang telah memenuhi persyarata­n administra­tif dan substantif. Misalnya, telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak sedang menjalani hukuman disiplin, dan berkelakua­n baik. ”Serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas atau rutan,” papar perempuan pertama yang menjadi Dirjen Pas itu.

Pemberian remisi khusus Waisak tersebut menghemat anggaran biaya makan napi sebesar Rp 377 juta. Perinciann­ya, biaya makan per orang per hari Rp 14.700 dikalikan 25.650 hari tinggal yang dihemat karena remisi. Dirjen Pas pun berharap pemberian remisi menjadi motivasi bagi napi untuk selalu berkelakua­n baik selama menjalani pidana.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? PUNCAK WAISAK: Ketua Panitia Waisak 2562 Biksu Titthisamp­annu Thera (dua dari kanan) berbincang dengan anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mahfud MD (tiga dari kanan) dan Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X (kanan) dalam...
HENDRA EKA/JAWA POS PUNCAK WAISAK: Ketua Panitia Waisak 2562 Biksu Titthisamp­annu Thera (dua dari kanan) berbincang dengan anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mahfud MD (tiga dari kanan) dan Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X (kanan) dalam...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia