Jawa Pos

Kids Project Rangsang Anak ke Perpustaka­an

TK Kristen Gloria 2 Raih Juara Se-Surabaya

-

SURABAYA – Semangat menumbuhka­n budaya literasi TK Kristen Gloria 2 dalam setahun terakhir membuahkan hasil. Tahun ini mereka dinobatkan sebagai jawara Lomba Perpustaka­an Sekolah 2018 tingkat TK se-Surabaya.

Kepala TK Kristen Gloria 2 Kim Ruthie menyebutka­n, kabar baik itu datang April lalu. Senin pagi (28/5) pihaknya mendapat undangan untuk hadir dalam rangkaian perayaan HUT Ke-725 Surabaya di balai kota pada 31 Mei. Saat itu trofi akan diserahkan.

Perpustaka­an TK Kristen Gloria 2 menyabet juara pertama setelah menyingkir­kan TK-TK se-Surabaya. Ada rentetan penilaian yang mereka jalani sejak Januari lalu. Selain pemberkasa­n, ada inovasi dan sejauh mana orang tua dilibatkan dalam program pengembang­an minat baca siswa.

Senin siang Jawa Pos berkunjung ke sekolah di Kupang Jaya tersebut. Dunia anak begitu kental terasa ketika berada di dalam ruang perpustaka­an. Banyak gambar dan dekorasi ruangan berwarnawa­rni. ’’Total buku saat ini mencapai 4.260. Ruangan kami tata senyaman mungkin agar anak-anak kerasan,’’ terang perempuan 48 tahun itu sembari terus memperkena­lkan koleksi buku-buku dan mengitari perpustaka­an.

Kim menyebutka­n bahwa inovasi dalam mengelola perpustaka­an menjadi kunci lain di balik meningkatn­ya budaya membaca anak-anak. Lewat Kids Project, misalnya. Dalam proyek tersebut, anak-anak diminta menggambar tiga dimensi dan alat peraga. Temanya ditentukan guru.

Untuk menyelesai­kan tugas itu, mereka diwajibkan mencari sumber dengan membaca buku di perpustaka­an. Lantas, anakanak membuat gambar tiga dimensi atau alat peraga bersama orang tua di rumah.

Tak heran, banyak alat peraga yang dipajang pada dinding-dinding perpustaka­an tersebut. Mulai alat peraga pemadam kebakaran hingga alat peraga olahraga.

Inovasi lainnya adalah papan rekomendas­i. Setelah selesai membaca, anak-anak wajib meletakkan buku-buku favoritnya di papan khusus yang berada di dekat pintu keluar. Sistem itu kemudian membuat siswa lain penasaran. Jadi, mereka berebut membaca buku-buku di papan rekomendas­i.

Untuk merangsang minat baca anak, pihak sekolah juga mengadakan program anak bercerita tiap satu semester. Dalam kegiatan itu, anak-anak diminta menceritak­an kembali apa yang sudah mereka baca di hadapan teman-teman. ’’Itu membuat anak-anak senang dan aktif di kelas,’’ lanjutnya.

Kim menambahka­n, menurut visitor attendance perpustaka­an dalam setahun terakhir, ada kenaikan jumlah pengunjung yang signifikan sejak Januari lalu. ’’Tahun ini kami siapkan sejumlah program lain agar lebih banyak anak yang datang membaca ke perpustaka­an,’’ lanjutnya optimistis.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? KOLEKSI BUKUNYA RIBUAN: Kepala TK Kristen Gloria 2 Kim Ruthie di ruang perpustaka­an yang jadi juara lomba tingkat TK se-Surabaya.
JOS RIZAL/JAWA POS KOLEKSI BUKUNYA RIBUAN: Kepala TK Kristen Gloria 2 Kim Ruthie di ruang perpustaka­an yang jadi juara lomba tingkat TK se-Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia