Jawa Pos

Penderita Hipertensi Puluhan Ribu

-

GRESIK – Kasus tekanan darah tinggi (hipertensi) terus meningkat. Hipertensi bahkan selalu menjadi penyakit dengan jumlah penderita yang tinggi di Gresik. Ada program pengelolaa­n penyakit kronis (prolanis).

Kepala Dinas Kesehatan Moh. Nurul Dholam menyatakan, setiap tahun puluhan ribu orang menjalani perawatan akibat hipertensi. Pada 2017 total 63.808 orang mengalami darah tinggi. Tahun ini jumlahnya diperkirak­an tidak jauh berbeda.

Mengapa begitu banyak penderita? Nurul menyebut kebiasaan buruk sebagai penyebab. Misalnya, makan seenaknya, merokok, dan tingkat stres yang tinggi. ”Karena itu, puskesmas kami minta selalu melaksanak­an prolanis,” katanya kemarin (29/5).

Setiap puskesmas memiliki cara penyuluhan yang berbeda. Kepala Puskesmas Sukomulyo dr Anik Luthfiyah menuturkan, hipertensi memang penyakit yang tergolong tinggi di wilayah kerjanya. Untuk itu, dia melaksanak­an prolanis sebulan sekali.

Ada intervensi penyuluhan dan pembinaan desa dengan kasus hipertensi tinggi. ”Kami juga memberikan sosialisas­i agar masyarakat melakukan kebiasaan yang baik sehingga terhindar dari penyakit darah tinggi,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia