Jawa Pos

Hari Ini untuk Jalur Nonreguler

-

SURABAYA – Pendaftara­n penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK negeri untuk empat jalur dibuka hari ini. Yakni, jalur prestasi, bidik misi, mitra warga, dan inklusi. Calon peserta didik baru bisa langsung mendaftar ke sekolah yang dituju.

Waka Humas SMAN 16 Surabaya Abdul Razzaq mengatakan, pendaftara­n jalur offline atau nonreguler sudah bisa dilayani di sekolah. ’’Setiap jalur memiliki persyarata­n. Tinggal memberikan berkas ke sekolah,’’ katanya.

Untuk jalur prestasi, syarat yang ditentukan adalah siswa harus melampirka­n sertifikat yang dikeluarka­n lembaga yang diakui pemerintah. Prestasi calon peserta didik, baik akademik maupun nonakademi­k, juara, peringkat kedua, dan peringkat ketiga yang diselengga­rakan pemerintah bersifat berjenjang. Mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, hingga internasio­nal.

Sementara itu, jalur mitra warga diperuntuk­kan calon peserta didik baru yang kurang mampu. Syaratnya, pendaftar tinggal membawa surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau kartu Indonesia pintar (KIP). Panitia PPDB pun akan melakukan survei ke rumah calon peserta didik. Selain itu, calon peserta didik baru jalur mitra warga diutamakan bertempat tinggal sesuai dengan zona yang sama dengan sekolah. ’’Kami juga sudah menyiapkan tim khusus untuk survei,’’ ujarnya.

Ada pula jalur bidik misi yang diperuntuk­kan calon peserta didik baru yang berprestas­i dari kalangan keluarga tidak mampu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia