Jawa Pos

Bersiap Menyambut Galungan

-

SURABAYA – Suasana ramai terlihat di Pura Agung Jagat Karana di Jalan Ikan Lumba-Lumba kemarin (29/5). Belasan orang terlihat sibuk. Ada yang membersihk­an tiap sudut pura, ada juga yang memasang penjor. Di sisi lain, tampak anak-anak yang berlatih menari. Mereka mempersiap­kan diri untuk menyambut Hari Raya Galungan yang digelar pagi ini.

Kegembiraa­n menyambut hari suci salah satunya dialami I Gede Dananjaya. Bocah 11 tahun itu ikut belajar menari kemarin. Dia akan tampil hari ini. ’’Sudah hafal tariannya,” ungkapnya. Bukan hanya dia, ada beberapa kelompok lain yang juga akan tampil menari. Pertunjuka­n tari bakal digelar mulai sore hari.

Bagi umat Hindu, perayaan Galungan memiliki makna sebagai hari peringatan kemenangan Dharma atau kebenaran melawan Adharma atau kejahatan. Banyak persiapan untuk menyambutn­ya. Mulai menata janur, berlatih menari, sampai membuat jajanan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SIAP-SIAP: Umat Hindu membersihk­an Pura Agung Jagat Karana untuk menyambut Galungan yang dimulai hari ini.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SIAP-SIAP: Umat Hindu membersihk­an Pura Agung Jagat Karana untuk menyambut Galungan yang dimulai hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia