Jawa Pos

Edukasi Warga soal Satwa

-

SURABAYA – Para pencinta satwa di berbagai daerah berkumpul di Mal BG Junction kemarin (29/5). Mereka ngabuburit dengan mengedukas­i pengunjung yang tertarik dengan binatang. Sebagian besar adalah anak-anak. Mereka diajari cara memegang dan merawat satwa dengan benar.

Kegiatan tersebut digagas Evapec East Java Pets Lover, perkumpula­n macam-macam komunitas pencinta satwa. Mulai pemerhati kucing, iguana, ular, dan lainnya. ’’Bagian lehernya halus. Saya suka sekali,’’ ungkap Kardio, salah satu pengunjung mal. Bocah berusia 9 tahun itu tertarik pada seekor iguana besar. Umurnya tujuh tahun. Binatang tersebut merupakan milik salah satu anggota komunitas dari Pasuruan.

Tampaknya, iguana itu jadi bintang utama dalam acara tersebut. Pengunjung berebut untuk berinterak­si dengannya. Setiap gerakannya membuat pengunjung tersenyum. Ada yang bertanya-tanya bagaimana cara memelihara binatang itu. Ada pula yang ingin tahu lokasi untuk bisa mendapatka­n hewan jenis itu.

Ketua Acara Tanto Handri menjelaska­n, edukasi merupakan bagian dari kegiatan sosial komunitas pencinta satwa. Mereka ingin berbagi pengalaman. Banyak ilmu yang ingin diberikan anggota komunitas. ’’Misalnya, cara memegang iguana yang benar,’’ kata Tanto. Menurut dia, iguana tidak boleh dipegang kukunya. Sebab, hewan tersebut bisa marah dan mencakar. Kegiatan edukasi satwa tidak hanya diikuti pengunjung mal. Panitia juga mengundang puluhan anak yatim. Ada pembagian takjil gratis.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? PENASARAN: Kardio mengelus iguana yang dipamerkan di Mal BG Junction kemarin.
EKO HENDRI/JAWA POS PENASARAN: Kardio mengelus iguana yang dipamerkan di Mal BG Junction kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia