Jawa Pos

Zulkifli-Ical Serukan Pilpres Damai

-

JAKARTA – Rangkaian pertemuan Ketua MPR Zulkifli Hasan dengan sejumlah tokoh kembali berlanjut. Kali ini Zulkifli tidak melakukan pertemuan di kompleks parlemen, tapi langsung mendatangi kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Golongan Karya Aburizal Bakrie.

Zulkifli tiba di kediaman Ical –sapaan akrab Aburizal– di kawasan Menteng sekitar pukul 13.00. Didampingi Ketua DPP Partai Amanat Nasional Yandri Susanto, dia disambut Ical bersama dengan sejumlah politisi Partai Golkar. Di antaranya, Lalu Mara Satriawang­sa dan Pahlevi Pangerang. Mereka kemudian melakukan pertemuan tertutup sekitar 1,5 jam.

Setelah pertemuan, Zulkifli mengaku sengaja datang ke kediaman Ical yang merupakan seniornnya di dunia politik. ’’Pak Ical sama saya satu kampung, Kalianda (Lampung, Red). Mana berani saya panggil,’’ katanya.

Zulkifli menyatakan datang untuk berdiskusi, khususnya menjelang kontestasi pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun depan. Dia berharap Ical selaku tokoh senior bisa menyuaraka­n agar pilpres mendatang berjalan damai. ’’Boleh bilang ganti, boleh bilang tetap. Tapi, kalau Indonesia tetap satu, jaga kebersamaa­n,’’ tutur ketua umum DPP PAN tersebut.

Sementara itu, Ical memuji sosok Zulkifli yang beberapa kali masuk dalam radar survei capres maupun cawapres. Dia juga memuji Zulkifli yang mengedepan­kan perdamaian. ’’Pak Zul orang Lampung, saya kenal bener. Kalau dia jadi capres atau cawapres, ya bagus,’’ tandasnya.

Ical juga menilai sampai saat ini ada masalah-masalah kebangsaan yang harus dibereskan bersama. Isu ekonomi bisa berpengaru­h di dunia politik sehingga masalah nilai tukar dolar, harga pangan, harus diselesaik­an dulu. ’’Di tahun politik, kami tidak ingin masalah bertambah dengan terkotak-kotaknya bangsa ini,’’ ungkap mantan ketua umum Partai Golkar tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia