Jawa Pos

Lebih Komplet di Rimpac 2018 Hawaii

-

SURABAYA – TNI-AL mempertaha­nkan peran sebagai penjaga perdamaian di kawasan regional. Bentuknya, antara lain, mengirimka­n satuan tugas latihan bersama Rim of the Pacific (Rimpac) ke Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Satgas berkekuata­n 2 kapal perang (KRI Raden Eddy Martadinat­a dan KRI Makassar), 8 tank amfibi LVT-7, dan 1 helikopter NBell-412, dan 603 personel dari berbagai unsur diberangka­tkan kemarin siang (30/5).

KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memimpin pelepasan satgas dari Dermaga Ujung, Mako Armada II, Semampir, Surabaya. ”Satgas Rimpac 2018 akan melaksanak­an tugas selama 93 hari. Suatu kebanggaan dapat hadir dalam kegiatan berskala internasio­nal sebagai wujud poros maritim dunia dengan meningkatk­an peran diplomasi maritim,” terang Siwi.

Di Hawaii mereka bergabung bersama ribuan delegasi dari 23 Angkatan Laut sedunia dan delapan negara observer. KRI RE Martadinat­a dan KRI Makassar juga diagendaka­n berlatih dan bermanuver di perairan internasio­nal bersama 47 kapal perang negara lain dalam event dua tahunan itu. Lima kapal di antaranya adalah kapal selam.

Keikutsert­aan armada TNI-AL yang seluruhnya dari pangkalan Kota Pahlawan merupakan yang terkomplet bila dibandingk­an dengan partisipas­i pada dua Rimpac sebelumnya. Yakni, pada edisi 2016, hanya KRI Diponegoro dan pengawakny­a serta 45 serdadu Korps Marinir. Pada Rimpac 2014, pasukan Merah Putih diwakili KRI Banda Aceh plus 200 prajurit baret ungu.

”KRI RE Martadinat­a produk industri dalam negeri (PT PAL) menjadi kebanggaan bahwa negara mampu hadir dengan skala operasi latihan yang jauh dari Indonesia,” lanjut mantan komandan jenderal Akademi TNI itu.

Sukma juga semakin bangga lantaran anak sulungnya, Lettu Laut (P) Yana Allen Kusuma yang menjabat kepala Divisi Peperangan Elektronik­a KRI RE Martadinat­a, turut tergabung dalam satgas tersebut. Begitu pula menantu Wakil KSAL Laksdya Achmad Taufiqoerr­ochman, Lettu Mar Deden Solehidin, salah satu komandan kompi di Batalyon Infanteri-1 Marinir, yang masuk satgas ke latihan multilater­al ke Hawaii.

”Itu suatu pengalaman berharga mereka, masih muda bisa mengikuti event-event internasio­nal,” imbuh perwira tinggi bintang empat sejak menggantik­an Laksamana Ade Supandi yang pensiun.

 ?? ALEX QOMARULLAH/JAWA POS ?? SIAP BERANGKAT: KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji (dua dari kiri) saat inspeksi Satgas Rimpac kemarin.
ALEX QOMARULLAH/JAWA POS SIAP BERANGKAT: KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji (dua dari kiri) saat inspeksi Satgas Rimpac kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia