Jawa Pos

Jalani ’’Debut’’ di Klagenfurt

-

EPPAN – Kerinduan fans Jerman dan Bayern Muenchen terhadap Manuel Neuer bakal terobati. Setelah absen selama sembilan bulan karena cedera metatarsal,

Neuer dijadwalka­n tampil saat Jerman menghadapi Austria dalam laga uji coba Sabtu mendatang (2/6). Laga berlangsun­g di Worthersee Stadion, Klagenfurt.

Pelatih kiper Jerman Andreas Koepke kepada Goal kemarin (30/5) mengatakan, laga melawan Austria merupakan momen pembuktian buat kiper 32 tahun tersebut. Sebab, meski Neuer berlatih sejak April, eks der trainer Bayern Muenchen Jupp Heynckes tak pernah memberinya kesempatan bermain.

’’Melihat kondisi terkini, Neuer akan mendapatka­n kesempatan­nya. Itulah pertanding­an yang dinantikan dan dibutuhkan­nya saat ini,’’ tutur Koepke.

Apakah Neuer akan bermain sejak menit pertama ataukah sebagai pengganti? Koepke belum bisa memberikan kepastian.

’’Masih ada waktu untuk bersiap baginya dan kita di jajaran staf akan memantau kondisi terkininya. Dari yang terlihat di sesi latihan, kakinya sudah bisa bergerak normal,’’ kata pria yang menjadi kiper utama Jerman pada Euro 1996 itu.

Jerman menggelar sentralisa­si latihan di markas klub tim Serie C Italia, Suedtirol. Total, ada 27 pemain yang bergabung di dalamnya. Setelah uji coba melawan Austria Sabtu mendatang (2/6) di Klagenfurt, pelatih Joachim Loew akan mengerucut­kan skuadnya menjadi 23 pemain.

Ada empat kiper yang dipanggil dalam persiapan menuju Piala Dunia 2018. Yakni, Neuer, Marc-Andre Ter Stegen (Barcelona/Spanyol), Bernd Leno (Bayer Leverkusen/Jerman), dan Kevin Trapp (Paris SaintGerma­in/Prancis). Dari empat nama itu, satu kiper bakal terelimina­si.

Koepke menuturkan, kalaupun Neuer turun sebagai cadangan, jatah kiper utama akan diberikan kepada Ter Stegen. Ter Stegen musim ini menunjukka­n kapasitas sebagai the next big thing bersama Barca.

Dalam situs resmi Bundesliga, Neuer mengatakan bahwa kondisinya jauh lebih bugar. Sebab, selama masa pemulihan, dia tetap menempa diri dengan latihan fisik.

’’Pelatih fisik di Bayern memberi saya sejumlah pekerjaan rumah untuk dikerjakan. Sehingga saya berada dalam kondisi yang sangat bagus dan saya optimistis bisa berbuat banyak di Piala Dunia,’’ tutur Neuer.

 ?? SASCHA STEINBACH/EPA ?? JAJAL PERFORMA: Manuel Neuer saat berlatih di Eppan, Italia, kemarin. Dia disiapkan tampil pada laga uji coba melawan Austria di Klagenfurt.
SASCHA STEINBACH/EPA JAJAL PERFORMA: Manuel Neuer saat berlatih di Eppan, Italia, kemarin. Dia disiapkan tampil pada laga uji coba melawan Austria di Klagenfurt.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia