Jawa Pos

Maksimalka­n di Indonesia Open

Ganda Campuran Jadi Andalan di Asian Games

-

JAKARTA – Indonesia Open 2018 menjadi salah satu turnamen untuk menakar kemampuan pebulu tangkis Indonesia menjelang Asian Games 2018. Ajang yang berlangsun­g pada 3–8 Juli tersebut juga menjadi persiapan akhir menuju Kejuaraan Dunia di Nanjing, Tiongkok, pada 30 Juli hingga 5 Agustus.

Jadwal yang cukup rapat itu juga memberikan tantangan tersendiri bagi para pebulu tangkis Indonesia. Nah, agar bisa fokus untuk Asian Games, ganda campuran pelatnas hanya mengirim pasangan pelapis ke Kejuaraan Dunia.

Mereka adalah duet Hafiz Faisal/ Gloria Emmanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva.

Satu pasangan lainnya, yakni Ronald Alexander/Annisa Saufika, masih menunggu kepastian slot. Sedangkan untuk nomor lain relatif masih mengandalk­an skuad utama.

Pelatih ganda campuran Richard Mainaky mengatakan, strategi itu bertujuan agar para pemain bisa fokus menghadapi Asian Games. Sebab, meraih hasil terbaik di Asian Games adalah tujuan utama. ’’Selain itu, pelapis ini merupakan rencana jangka panjang buat ganda campuran pelatnas,’’ kata Richard saat dimintai konfirmasi kemarin (30/5).

Ganda campuran nomor satu Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memang tidak terlalu diforsir untuk mengikuti turnamen besar. Harapannya, mereka bisa meraih hasil maksimal di Asian Games.

Tetapi, untuk Indonesia Open, ganda campuran mendapat kepastian enam slot pasangan. Kesempatan tersebut menjadi salah satu momentum untuk unjuk kemampuan pemain pelapis. Richard masih akan berkoordin­asi dengan Kabidbinpr­es PP PBSI Susy Susanti dalam menentukan skuad terakhir di beberapa turnamen besar menuju Asian Games.

Sementara itu, Sekjen PP PBSI Ahmad Budiharto menyatakan, hingga saat ini pihaknya menunggu kepastian dari BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) terkait siapa saja pebulu tangkis Indonesia yang masuk skuad. ’’Saya kira sebelum Indonesia Open akan clear siapa saja yang masuk,” katanya.

Terkait kebijakan ganda campuran pelatnas, Budi menilai itu pilihan terbaik yang ada saat ini. Pilihan tersebut merupakan strategi untuk meraih capaian terbaik di Asian Games.

 ?? PBSI ?? BUTUH JAM TERBANG: Pasangan Hafiz Faisal/Gloria Emmanuelle Widjaja bakal tampil pada Kejuaraan Dunia di Nanjing, Tiongkok.
PBSI BUTUH JAM TERBANG: Pasangan Hafiz Faisal/Gloria Emmanuelle Widjaja bakal tampil pada Kejuaraan Dunia di Nanjing, Tiongkok.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia