Jawa Pos

Ajang Ngumpul Pebisnis Start-up

Ciptakan Peluang di Era Digital

-

SURABAYA – Ketertarik­an anak muda Surabaya untuk memiliki bisnis start up cukup besar. Kemarin (30/5) sekitar 2.000 mahasiswa mengikuti event Start Up Day yang digelar Universita­s Ciputra (UC).

Febe Yuanita Ratna Indu Dewi, koordinato­r mata kuliah enterprene­urship UC yang juga penggagas acara tersebut, menyatakan bahwa pihaknya ingin memberikan ruang untuk mahasiswa yang ingin merintis bisnis sendiri. ’’Di sini mereka bisa mendapatka­n ilmu dan cerita sukses dari narasumber yang dihadirkan,’’ jelasnya.

Sebagian besar mahasiswa yang hadir sudah memulai bisnisnya. Semua mengandalk­an teknologi digital. Yuanita menuturkan, era digital ini seharusnya bisa dimanfaatk­an sebaikbaik­nya sebagai peluang bisnis. ’’Terlebih pada mereka yang masih muda,’’ ujarnya.

Salah seorang peserta yang menampilka­n prototipe usaha kreatifnya adalah Rani Puspita. Mahasiswa UC itu membuat usaha penyediaan jasa konstruksi melalui online.

Dia bersama lima rekannya menamai usaha tersebut Tukangku. Tukangku dirancang bagi mereka yang membutuhka­n jasa perbaikan rumah, AC, dan bahkan pembanguna­n rumah.

Sementara itu, peserta dari Pens (Politeknik Elektronik­a Negeri Surabaya), Viqi Firdaus, merasa mendapatka­n ilmu baru tentang usaha di bidang digital. ’’Acara ini juga baik sebagai ajang promosi usaha,’’ ungkap Viqi yang merupakan founder Localify, pemasaran melalui media online.

Salah seorang mentor, Direktur Ovo Fintech Johnny Widodo, berpesan kepada peserta bahwa menjadi entreprene­ur sukses harus mempunyai tekad kuat dan berani gagal. ’’Orang bilang kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Itu benar,’’ ucapnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? CARI TUKANG ONLINE: Erlita (kiri) mengunjung­i stan salah satu bisnis start-up yang dirintis mahasiswa UC yang dinamai Tukangku.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS CARI TUKANG ONLINE: Erlita (kiri) mengunjung­i stan salah satu bisnis start-up yang dirintis mahasiswa UC yang dinamai Tukangku.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia