Jawa Pos

1.293 Unit Kapal Layani Pemudik

Satuan Tugas Pengamanan dan Kelancaran Gelar Apel

-

SURABAYA – Pelabuhan Tanjung Perak menjadi tempat keramaian saat mudik nanti. Tempat berlabuhny­a moda transporta­si laut itu pun siap menjadi jalur mudik mulai hari ini (31/5). Apel Kesiapan Satuan Tugas Pengamanan dan Kelancaran Penyelengg­araan Angkutan Lebaran digelar kemarin (30/5).

Semua jajaran kompak mengamanka­n jalur laut di Jawa Timur. Apel yang dipimpin Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Herwanto itu bertujuan memantapka­n koordinasi antar petugas, instansi terkait, penyedia jasa, dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyediaan angkutan laut Lebaran. ”Dengan adanya apel, kami pastikan Tanjung Perak siap dipakai mudik Lebaran,” katanya.

Herwanto berharap masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan lancar, aman, selamat, tertib, dan nyaman. Herwanto menambahka­n, penyelengg­araan angkutan laut 2018 akan dilaksanak­an mulai H-15 Lebaran yang jatuh pada hari ini (31/5) sampai H+15.

Apel sore itu diikuti ratusan perwakilan dari berbagai instansi. Mulai TNI, Garnisun, Pelindo III, Kantor Kesyahband­aran Utama Tanjung Perak, kepolisi, dan perwakilan swasta. Upacara digelar sejak pukul 16.00 di lapangan parkir Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara.

Herwanto menjelaska­n, penumpang diprediksi naik 27 persen bila dibandingk­an dengan tahun lalu. Karena itu, dia mendorong seluruh petugas lebih siaga. Pengawasan terhadap penumpang dan kapal melibatkan seluruh lembaga.

”Pokoknya jangan sampai ada pungli. Kami tidak menolerans­inya,” tegas Herwanto. Dia menjelaska­n, saat ini ada 1.293 kapal yang siap dipakai mudik dengan kapasitas 3,4 juta penumpang. Nanti ada rencana penambahan satu kapal di puncak arus mudik. Pada 13 Juni yang berlayar dari Perak.

Herwanto mengimbau petugas agar lebih jeli terhadap penumpang, terutama dalam pemeriksaa­n tiket. ’’Pastikan semua memiliki tiket resmi,” ucapnya. Hal yang tak kalah penting adalah meningkatk­an kewaspadaa­n dan memperketa­t pengamanan di wilayah kerja.

’’Tingkatkan koordinasi untuk melawan segala bentuk ancaman dan teror yang dapat mengganggu keamanan,” tegasnya. Dia benarbenar menggarisb­awahi bahwa keamanan dan kenyamanan penumpang adalah yang utama.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kesyahband­aran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Suwadji Sentot menguraika­n, pelaksanaa­n apel sangat penting untuk mudik. Kesyahband­aran Utama Pelabuhan Tanjung Perak menyiagaka­n 31 petugas selama peningkata­n arus. Mereka bakal bergantian mengawal pemberangk­atan.

”Tentu, kami berupaya mencegah kecelakaan,” kata Suwadji. Dia melanjutka­n, setiap kapal yang berangkat akan diawasi secara ketat. Tujuannya, memastikan keamanan angkutan saat berada di tengah laut.

Dengan adanya apel, kami pastikan Tanjung Perak siap dipakai mudik Lebaran.” HERWANTO Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak

 ?? AHMAD HUSAINI/JAWA POS ?? TIDAK BOLEH PUNGLI: Perwakilan petugas penyediaan angkutan laut Lebaran secara simbolis menerima tugas pengaman dan pelayanan pada Apel Kesiapan Satuan Tugas Pengamanan dan Kelancaran Penyelengg­araan Angkutan Lebaran di Gapura Surya Nusantara kemarin.
AHMAD HUSAINI/JAWA POS TIDAK BOLEH PUNGLI: Perwakilan petugas penyediaan angkutan laut Lebaran secara simbolis menerima tugas pengaman dan pelayanan pada Apel Kesiapan Satuan Tugas Pengamanan dan Kelancaran Penyelengg­araan Angkutan Lebaran di Gapura Surya Nusantara kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia