Jawa Pos

Kurangi Antrean Nomor di Faskes

-

DINAS Kesehatan Surabaya mengeluark­an sistem pendaftara­n online melalui e-health. ”Sekarang semua pendaftara­n untuk ke puskesmas dan rumah sakit milik pemkot seratus persen sudah online. Tidak boleh lagi manual,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita.

Dengan menggunaka­n sistem itu, calon pasien yang ingin berobat tidak lagi harus datang pagi buta demi mendapatka­n nomor antrean di fasilitas kesehatan (faskes). Cukup mengunduh aplikasi e-health di Android, pasien bisa mendaftar dari rumah.

Meski terbantu dengan nomor antrean, pelayanan yang didapat ketika berada di rumah sakit tidak jauh berbeda. ”Untuk diperiksa dokter, ya tetap antre lagi. Bisa berjam-jam untuk menunggu giliran, tergantung mau ke poli apa tujuannya,” tambahnya.

Sayangnya, hingga saat ini belum banyak yang menggunaka­n e-health dismartpho­ne-nya. Selain itu, rupanya sistem tersebut belum beroperasi maksimal. Beberapa kali dijumpai sistem error hingga tidak bisa diakses. ”Ini sedang dilakukan maintenanc­e bekerja sama dengan diskominfo,” jelas Feni, sapaan Febria Rachmanita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia